JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Berkah Lebaran Selalu Rubah Suasana Dukuh di Tegalrejo Sragen Ini. Dari Sepi Jadi Ramai, Warga Pun Berlomba Beri Santunan

Suasana perayaan HUT Karang Taruna Dukuh Wates yang semarak sekaligus diisi dengan bakti sosial. Foto/Wardoyo
Suasana perayaan HUT Karang Taruna Dukuh Wates yang semarak sekaligus diisi dengan bakti sosial. Foto/Wardoyo

SRAGEN – Lebaran selalu menghadirkan momen membahagiakan tak hanya bagi kalangan umat muslim namun juga kaum perantauan. Tak terkecuali di Dukuh Wates,  Desa Tegalrejo, Gondang, Sragen ini.

Setiap momen lebaran tiba, suasana di dukuh terkecil namun paling padat penghuninya itu,  langsung berubah paling semarak. Suasana itu teramat kontras dengan saat hari biasa di kampung itu yang dikenal sepi lantaran mayoritas KK hidup merantau.

Kemeriahan itu salah satunya tergambar di Dukuh Wates RT 01, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang, Sragen saat merayakan hari jadi Karang Taruna Guyup Rukun Dukuh Wates yang kelima.

Mayoritas warga Dukuh Wates merupakan perantau di berbagai daerah, tidak hanya Pulau Jawa, tapi juga sampai luar Jawa. Mereka sudah banyak yang berhasil, hingga bisa membantu dan ikut berpartisipasi memajukan Dukuh Wates.

Baca Juga :  Baru Terungkap, Ustadz Muda Sragen Habib MA Yang Meninggal Terpapar Covid-19 Ternyata Punya Penyakit Penyerta Ini. Bupati Kaget Karena Mendiang Tidak Merokok, Warga Sebut Rajin Olahraga!

“Memang sangat berbeda. Saat lebaran Dukuh Wates bisa dikatakan paling ramai. Semua warga pada mudik dan mayoritas berhasil semua,” kata Kepala Desa Tegalrejo, Heru Setyawan, Jumat (22/6/2018).

Menurut Heru, Wates adalah salah satu dari sembilan dukuh yang terhimpun dalam RT 01 di Desa Tegalrejo. Kendati hanya dalam satu RT namun dihuni lebih dari 40 kepala keluarga (KK).

“Kalau hari-hari biasa nyaris sepi karena mayoritas usaha di perantauan,” ujar Wawan, panggilan akrab Heru Setyawan.

Karang taruna Dukuh Wates, Tegalrejo, Gondang saat berpose bersama di HUT kelima Karang Taruna. Foto/Wardoyo

Dia menyampaikan, sebenarnya kegiatan karang taruna Dukuh Wates sudah berlangsung sejak lama. Nama Guyub Rukun sendiri dia yang memberikan atas permintaan warga pada tahun pertama menjabat sebagai Kades Tegalrejo. Pada tahun ini adalah sudah memasuki tahun kelima.

Baca Juga :  Kisah Pilu 2 Nenek Miskin, Sasiyem dan Kasinem di Kedawung Sragen Kehilangan Rumah Gubugnya Yang Mendadak Ambruk. Satu Nenek Sempat Tertimpa dan Terjebak di Reruntuhan, Terpaksa Ngungsi di Rumah Dasinem

Perayaan ulang tahun yang digelar pada 19 Juni ini sangat meriah dengan menampilkan hiburan Campursari HRS pimpinan Heru. Dalam momen itu para pemuda juga menggalang dana untuk menyantuni anak yatim, lansia dan bantuan untuk warga miskin.

Acara itu juga dihadiri tokoh masyarakat, para Kades di Kecamatan Gondang, Sambungmacan dan Sambirejo, BPD, LP2MD serta seluruh Ketua RT Desa Tegalrejo.

“Ini juga merupakan ajang silaturahmi antar warga Wates dan semua elemen masyarakat desa. Juga memberikan santunan untuk anak yatim, lansia dan warga kurang mampu,” tandasnya. Wardoyo