JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kuota Mudik Gratis Lebaran Tahun Depan Bakal Ditambah

Seorang pemudik memasuki sedan patroli Sat Sabhara Polres Wonogiri menuju kampung halamannya
Seorang pemudik memasuki sedan patroli Sat Sabhara Polres Wonogiri menuju kampung halamannya

WONOGIRI-Pemkab Wonogiri berencana menambah kuota program mudik gratis pada Lebaran tahun depan. Hal ini mengingat tingginya animo warga Wonogiri yang ingin melepas kangen dengan keluarga di kampung halaman.

Bupati Joko Sutopo mengungkapkan hal tersebut, Jumat (15/6/2018). Menurut Bupati, pelaksanaan program mudik gratis Lebaran 2018 cukup sukses. Baik pendaftaran, keberangkatan, perjalanan maupun penyambutan terlaksana dengan lancar.

Namun demikian, diakui Bupati kuota terbatas. Pemkab menyediakan 43 bus dengan jumlah pemudik mencapai 1800an orang dalam program mudik gratis 2018.

Baca Juga :  Ada Balap Lari di Wonogiri, Bupati Joko Sutopo Alias Jekek Tekankan yang Penting Patuh Protokol Kesehatan

“Kami berencana menambah kuotanya, baik armada dan otomatis penumpangnya,” kata Bupati.

Namun dia tidak menyebutkan angka pasti penambahan kuota tersebut. Pasalnya mesti harus dikaji mendalam terlebih dahulu.

Sebelumnya, perantau Wonogiri mengatakan, animo mereka sangat tinggi dalam program tersebut. Bahkan, kuota yang disediakan Pemkab Wonogiri jauh dari kata memadai dibandingkan jumlah calon peserta yang membludak.

Baca Juga :  Update COVID-19 Wonogiri, Masuk Zona Kuning 193 Pasien Sembuh Belasan Lainnya Masih Dirawat di Rumah Sakit

Koordinator Program Mudik Gratis Pemkab Wonogiri 2018, Hadi Suwarno menerangkan, saat pendaftaran calon peserta mudik gratis dibuka, langsung diserbu. Hanya dalam hitungan dua jam kuota tiket 1800 telah tercapai.

“Banyak perantau yang tidak kebagian tiket. Kami hitung yang minat itu sampai 60an ribu orang,” kata dia, Selasa (12/6/2018).

Lantaran itu, ke depan pihaknya berharap Pemkab Wonogiri menambah kuota mudik gratis ini tersebut. Aris Arianto