JOGLOSEMARNEWS.COM Piala Dunia 2018

Prancis Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018 setelah Bungkam Peru 1-0

Pemain Prancis, Kylian Mbappe (terjatuh) saat berebut bola dengan para pemain Peru, Kamis (21/6/2018). Foto: fifa.com
Pemain Prancis, Kylian Mbappe (terjatuh) saat berebut bola dengan para pemain Peru, Kamis (21/6/2018). Foto: fifa.com

JOGLOSEMARNEWS-Gol semata wayang dari Kylian Mbappe sudah cukup bagi Prancis untuk memastikan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Paul Pogba dkk mengalahkan Peru 1-0 pada laga lanjutan penyisihan Grup C, Kamis (21/6/2018) malam WIB di Stadion Sentral, Yekaterinburg.

Kedua tim langsung mengawali pertandingan dengan tekanan tinggi dan saling tukar serangan. Peru yang sudah mengalami kekalahan di pertandingan sebelumnya saat melawan Denmark, tampak antusias untuk meraih kemenangan.

Tak heran jika dari statistik babak pertama menunjukkan, Peru justru unggul dalam penguasaan bola dengan persentase 55 berbandig 45.

Sementara Prancis di babak pertama banyak mengandalkan serangan balik yang cepat sehingga merepotkan pertahanan Peru. Kecepatan Antonie Griezmann beberapa kali mengancam gawang Pedro Gallese.

Prancis akhirnya mencetak gol pada menit ke-34 lewat kaki Kylian Mbappe. Mbappe memanfaatkan bola rebound tendangan Oliver Giroud di kotak penalti. Bola yang sudah menuju ke gawang langsung disambut oleh sepakan Mbappe. Skor 1-0 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga laga babak pertama usai.

Berkat gol tersebut, Mbappe mencetak sejarah menjadi pemain termuda Prancis yang mencetak gol pada turnamen elite, Piala Dunia dan Euro. Saat ini usia Mbappe baru 19 tahun, dan bermain cukup tangguh tidak terlihat grogi untuk pemain semuda dia.

Pada babak kedua, Peru memberikan perlawanan yang lebih sengit karena harus mengejar ketertinggalan gol. Sejumlah peluang diperoleh Guerrero dkk. Di antaranya dari Andre Carrillo yang melepaskan tendangan jarak jauh, namun bola mendarat tipis di atas gawang Hugo Lloris.

Lini belakang banyak dibuar kerepotan di babak kedua. Termasuk tendangan keras Paolo Guerrero di menit 66 yang tepat di tengah gawang. Namun lagi-lagi bola meluncur ke atas gawang.

Rapatnya barisan pertahanan Prancis membuat pemain Peru agak kesulitan menyarangkan gol. Prancis hanya sesekali melakukan serangan balik.

Skor 1-0 untuk Prancis bisa dipertahankan sampai pertandingan usai dan mengantar mereka lolos ke babak berikutnya. Pada laga sebelumnya, Prancis menang 2-1 atas Australia. Sehingga Prancis berada di puncak klasemen Grup C dengan enam poin, disusul Denmark yang mengumpulkan empat poin.

Pada pertandingan lain di Grup C, timnas Denmark harus puas bermain imbang melawan Australia 1-1 di Samara Arena, Kamis (21/6/2018) malam WIB.

Kedua tim bermain dalam tempo sedang dan terlihat berhati-hati. Denmark mampu unggul cepat di menit ke-7 lewat sepakan keras Christian Eriksen dari dalam kotak penalti.

Australia bisa membalas lewat penalti Mile Jedinak di menit ke-38. Hingga babak pertama usai, skor tidak berubah. Denmark dan Australia masih sama kuat 1-1.(Marwantoro)