JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Rekrutmen Perdes di 192 Desa Akan Buka 581 Formasi. Berikut Rincian Formasinya, Orang Luar Boleh Mendaftar!

perangkat desa
ilustrasi
Ilustrasi lowongan perangkat desa

SRAGEN-  Rekrutmen atau pengisian perangkat desa (Perdes) secara serentak yang resmi dibuka mulai hari ini,  26 Juni 2018, akan diselenggarakan di 192 desa dengan total 581 formasi. Dari total 196 desa,  hanya empat desa yang tak menyelenggarakan karena sejumlah alasan.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan untuk pengisian Perdes sudah dimulai tahapannya beberapa waktu lalu dan pendaftaran dibuka 26 Juni-6 Juli.

Dari 196 desa,  ada empat yang tidak mengikuti. Yakni Jetis Karangpung dan Pringanom yang tidak ada kekosongan. Serta Kaliwedi Gondang yang tidak memiliki anggaran untuk rekrutmen dan Hadiluwih Sumberlawang karena Kadesnya sedang berproses hukum.

“Dari 192 desa itu,  total menyediakan 581 formasi mulai dari Sekdes, Kebayan, Kasie dan Kaur,” paparnya didampingi Wabup Dedy Endriyatno saat memberikan pernyataan kepada wartawan,  Selasa (26/6/2018).

Baca Juga :  Tambah Lagi 2 Warga Positif, Jumlah Kasus Covid-19 Sragen Terus Meroket Jadi 469. Satu Orang Baru Pulang dari Boyolali, Satunya Tertular dari Sukodono, Total 65 Sudah Warga Meninggal Dunia

Bupati menyampaikan mengacu aturan Perbup, calon pendaftar tidak dibatasi domisili atau wilayah tempat tinggal. Siapapun dan dari wilayah mana pun boleh mendaftar asalkan tercatat sebagai warga negara indonesia.

“Tidak membatasi wilayah. Sing penting wonge ndaftar dan masih WNI, ” timpal Sekda Tatag Prabawanto.

Sementara Wabup Dedy Endriyatno menambahkan meski tak dibatasi domisili,  nantinya tetap akan ada nilai PDLT (prestasi, dedikasi,  loyalitas dan tidam tercela) untuk calon yang sudah dibuatkan ketentuannya. Hal itulah yang akan menjadi pembeda pendaftar dari desa penyelenggara dengan dari luar daerah.

Baca Juga :  Polres Sragen Bekuk Predator Anak di Bawah Umur asal Mondokan. Bermodus Ancam Viralkan Foto-Foto Korban, Pelaku Perkosa Korban-Korbannya di Kuburan Cina

“Di penilaian PDLT itu kan ada poin-poinnya yang sudah dibuatkan guidance (panduan). Kades nggak bisa sak geleme kasih nilai. Di guidance sudah ditentukan misalnya lulusan S1 nilainya berapa,  S2 berapa,  kemudian sebagai Ketua RT, BPD masing-masing juga ada nilainya, ” tukas Wabup. Wardoyo

 

Rincian Formasi Rekrutmen Perdes Juni-Juli 2018:

Total Desa penyelenggara : 192 desa

Total Formasi : 581 formasi terdiri dari,

Sektetaris Desa atau carik : 60 formasi

Kebayan: 139 formasi

Kasie Pemerintahan:  67 formasi

Kasie Kesra : 44 formasi

Kasie Pelayanan: 48 formasi

Kaur TU dan Umum: 49 formasi

Kaur Keungan: 95 formasi

Kaur Perencanaan: 79 formasi

Total : 581 Formasi

Sumber: Pemkab Sragen