JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Satu Calon Jemaah Haji Karanganyar Meninggal, 558 Wajib Manasik. Berikut Jadwal Keberangkatan Haji Karanganyar Tahun 2018!

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat memberikan pengarahan dalam bimbingan manasik haji Kamis (28/6/2018). Foto/Humas Kab
   
Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat memberikan pengarahan dalam bimbingan manasik haji Kamis (28/6/2018). Foto/Humas Kab

KARANGANYAR- Sebanyak 558 jamaah Calon Haji Kabupaten Karanganyar dinyatakan wajib menjalani manasik haji untuk menjadi haji mandiri, Kamis (28/06/2018) di Gedung Wanita Karanganyar. Sementara satu calhaj dilaporkan sudah meninggal dunia.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Musta’in Ahmad saat menyampaikan materi bimbingan manasik haji.

Ia menjelaskan pentingnya mengikuti bimbingan manasik haji untuk menjadi haji mandiri. Bimbingan manasik haji untuk tingkat Kabupaten akan dilaksanakan dua kali termasuk hari ini dan enam kali ditingkat kecamatan.

“Hampir semua jama’ah calon haji mengikuti bimbingan manasik haji baik di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) maupun kelompok-kelompok pengajian. Wajib pula mengikuti manasik haji yang diselenggarakan Pemerintah,” tuturnya.

Menurutnya penyelenggaraan bimbingan manasik haji ini merupakan bentuk perhatian dan pelayanan Pemerintah kepada para jama’ah calon haji. Sehingga para jama’ah calon haji benar-benar memahami kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di Makkah dan Madinah.

Sementara itu Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka bimbingan manasik haji, mengatakan manasik haji adalah upaya untuk memberikan pembekalan kepada jama’ah calon haji.

Mulai dari proses berangkat melalui tahapan demi tahapan sampai pulang kembali ke tanah air dengan keadaan sehat wal afiat dan mencapai haji mabrur.

“Perlu koordinasi dan kerjasama yang baik antara petugas dengan jama’ah calon haji. Jangan sampai menyalahkan. Untuk itu, pemerintah memberikan manasik haji sebagai bentuk perhatian dan pelayanan kepada jama’ah calon haji,” pesannya.

Bupati berharap pelaksanaan haji dapat berjalan lancar dan selalu dalam perlindungan Allah SWT.

Pada kesempatan tersebut dilaporkan oleh Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Karanganyar, Siti Maesaroh untuk jumlah keseluruhan jama’ah calon jama’ah haji Kabupaten Karanganyar tahun 2018 sebanyak 558 orang.

Terbagi menjadi dua kloter yakni kloter 40 mulai masuk asrama haji Donohudan, Sabtu Tanggal 28 Juli 2018 pukul 10.00 WIB dan kloter 41 mulai masuk asrama haji Donohudan, Sabtu Tanggal 28 Juli 2018 pukul 16.00 WIB.

“Semula berjumlah 559 orang, tetapi satu orang telah meninggal dunia sehingga jumlah total 558 orang,”jelasnya. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com