JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Wouw, di Kawasan Malioboro Berdiri Masjid Unik Bergaya Tiongkok

   
Tribunnews

JOGJA  – Ada pemandangan masjid baru yang cukup mengesankan di tengah keramaian kawasan Malioboro. Bangunan Masjid itu cukup unik, karena terlihat berbeda, tanpa ada kubah maupun mustaka. Bagian atasnya justru berbentuk menyerupai sebuah pagoda.

Lokasi masjid ini berada di seberang jalan dekat dari pasar Beringharjo Yogyakarta, tepatnya di sebelah selatan sentra oleh-oleh Batik Soenardi. Arsitektur dan model bangunan masjid ini kental sekali pada nuansa Tionghoa. Hal itu bisa dilihat dari ornamen dan warna-warni yang cerah.

Saat ini, masjid bergaya Tionghoa ini memang belum resmi dibuka untuk umum, karena masih tahap pembangunan. Di bagian depan, terpasang pagar seng tinggi menutup akses masuk.

Kendati tertutup, atas izin dari penjaga, Tribun Jogja berkesempatan untuk memasuki bagian dalam masjid yang masih dalam proses pembangunan itu. Memasuki bagian dalam, berbagai material bangunan masih berserakan.

Terlihat sejumlah keramik marmer belum terpasang dan tiang besi proyek masih berdiri. Namun, keindahan bangunan masjid ini sudah bisa dilihat. Seorang penjaga masjid yang juga merupakan kontraktor pembangunan, Agung, mengatakan proyek pembangunan masjid bergaya Tionghoa ini sudah dilakukan selama satu tahun.

“Masjid ini sudah 80 persen jadi. Kalau pengerjaannya sudah satu tahun. Mulai membangun dari bulan puasa (tahun) kemarin sampai saat ini,” terang Agung, Rabu (13/6/2018)

Baca Juga :  Dua Orang Ini Resmi Jadi Buron Polres Bantul, Siapa yang Tahu Diimbau Lapor

Masjid bergaya Tionghoa itu memiliki luas sekira 2,8 x 5 meter persegi. Meskipun mungil, bangunan masjid ini menjulang tinggi dua lantai. Lantai bawah diperuntukkan khusus bagi jemaah perempuan. Sedangkan untuk bagian atas dan pengimaman hanya untuk jemaah laki-laki.

Meskipun belum ada listrik yang menyala, ruangan di dalam bangunan masjid ini sangat terang. Karena di bagian atap didesain untuk dapat menyerap cahaya matahari. Sementara itu, di bagian dinding, seluruh ruangan nyaris dilapisi oleh keramik Marmer berwarna biru cerah, yang menambah kesan kokoh dan bersinar.

“Marmer yang dilapiskan ke tembok merupakan Marmer pilihan. Marmer ini bisa menyerap panas. Jadi terasanya adem,” terang Agung.

Agung mengungkapkan, pemilik dari masjid unik ini adalah Herry Zudianto, mantan Wali Kota Yogyakarta periode tahun 2001-20011. Ia menceritakan, awalnya, lahan bangunan masjid unik ini merupakan toko yang menjual sentra oleh-oleh Batik.

“Namun, karena Masjid yang ada di jalan Malioboro ini kan letaknya jauh-jauh. Banyak pengunjung yang menanyakan masjid dan menumpang salat disini, waktu masih toko. Akhirnya oleh pak Herry, toko itu dibongkar dan dibangun masjid,” jelasnya.

Baca Juga :  Mobil Ayla Tiba-tiba Oleng dan Seruduk Truk Fuso di Bantul, Begini Nasibnya

Agung merupakan pekerja sekaligus yang diberi tugas langsung dalam proses pembangunan masjid yang terletak di jantung kawasan Malioboro ini.

“Saya dulu kerja di Bali, 6 tahun, sebagai kontraktor juga. Saya ikut membangun hotel JW Marriott. Kemudian diminta (oleh Pak Herry) untuk ikut membangun masjid ini,” ujar dia.

Sudah satu tahun penuh masjid itu dibangun, dengan model arsitektur yang terbilang unik, karena mengadopsi dari gaya masyarakat Tionghoa atau pecinan.

“Model Pecinan dipilih karena menyesuaikan dengan masyarakat di sini. Ini kan kawasan Pecinan, jadi arsitektur dari masjid ini mengikuti model Pecinan,” ungkap Agung.

Lebih lanjut, Agung menjelaskan, masjid yang akan diberi nama Siti Khadijah ini rencananya akan diresmikan sekitar satu bulan pascaLebaran.

Saat ini, ia mengaku tinggal melengkapi beberapa pelengkap yang belum sempat diselesaikan.

“Yang belum selesai tinggal pemasangan sound sistem, area pengamanan, sama beberapa keramik ini yang belum terpasang. Rencananya mau diresmikan pascalebaran. Sekitar satu bulanan (pascalebaran),” terang dia.

“Untuk tanggal pastinya, pak Herry yang tahu,” imbuh dia.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com