JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Wouw, Indahnya Stasiun Metro Moskow Ini Seperti Galeri Seni

Tribunnews

MOSKOW – Transportasi publik juga bisa jadi satu wisata yang menarik jika kita berkunjung ke Moskow, Rusia. Banyak stasiun Metro di Moskow tergolong tua, namun memiliki keindahan yang luar biasa.

Satu di antaranya adalah Stasiun Kievskaya. Stasiun ini berada di Distrik Dorogomilovo, Moskow. Stasiun ini dibuka sejak 14 Maret 1954. Itu artinya stasiun ini telah berusia 64 tahun.

Desain stasiun ini adalah hasil sayembara terbuka yang digelar di Ukraina. E.I Katonin, V.K. Skurgarev, dan G.E. Golubev mengalahkan 73 peserta sayembara lainnya.

Kievskaya berada di kedalaman 53 meter di bawah permukaan jalanan kota Moskow. Stasiun ini berdinding marmer dan penuh lukisan mosaik karya A.V. Myzin.

Lukisan-lukisan mosaik itu dibuat dalam rangka peringatan persahabatan Rusia dengan Ukraina. Di ujung stasiun, terdapat lukisan mosaik wajah Vladimir Lenin.

“Bagus sekali stasiun ini. Karya seni yang sungguh indah,” kata Bryce, seorang wisatawan perempuan asal Amerika Serikat, kepada saya di Kievskaya.

Baca Juga :  Kabar Gembira, Arab Saudi Buka Kembali Layanan Umroh secara Bertahap. Jemaah Luar Negeri Diizinkan Datang Mulai 1 November 2020

Berada di Kievskaya serasa seperti sedang berada di galeri seni. Sepertinya desain stasiun ini benar-benar mengutamakan cita rasa seni, terutama seni khas Uni Soviet.

Satu dari beberapa pintu masuk Kievskaya Jalur 4 dan Jalur 5 didekorasi oleh para arsitek asal Prancis yang terinspirasi oleh karya-karya Hector Guimard. Dia adalah arsitek yang mendekorasi pintu masuk beberapa stasiun metro Paris pertama pada tahun 1900 sampai 1910.

Metro Moskow tidak sekadar sistem transportasi publik. Metro Moskow juga berperan sebagai tujuan wisata di Moskow. Metro Moskow bahkan termasuk yang terindah di dunia. Sebanyak 44 dari semua stasiunnya masuk daftar situs warisan budaya.

“Tadi kami sengaja menjelajah Moskow menggunakan metro, sekaligus melihat stasiun-stasiun yang bagus,” ujar Mohammed, seorang wisatawan asal Paris, Prancis.

Metro Moskow mulai dibuka pada 1935. Ini adalah sistem kereta api bawah tanah pertama di Uni Soviet ketika itu. Awalnya sistem ini hanya tersedia 11 kilometer dan 13 stasiun.

Baca Juga :  Media Asing Soroti Penanganan Covid-19 di Indonesia, Sebut Menkes Terawan sebagai Orang Paling Bertanggung Jawab atas Krisis Akibat Pandemi yang Dialami Indonesia

Sejak 2018, tidak termasuk Lingkar Pusat Moskow dan Monorail Moskow, Metro Moskow terdiri dari 214 stasiun dan panjang rutenya mencapai 364,9 kilometer. Ini adalah rute terpanjang ketujuh di dunia.

Mayoritas sistem ini beroperasi di bawah tanah. Seksi terdalamnya mencapai 84 meter di bawah permukaan tanah. Stasiun terdalam adalah Park Pobedy yang termasuk stasiun terdalam di dunia.

“Di sini jadwal kereta selalu tepat waktu, tidak pernah meleset. Beda dari di Maroko. Selalu tidak pernah bisa diprediksi,” kata Abderrazak Chefii, seorang wisatawan asal Maroko.

Metro Moskow termasuk yang tersibuk di dunia. Meski sangat sibuk, sistemnya presisi. Metro Moskow bahkan memegang rekor dunia soal ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan. Departemen Transportasi Moskow mengklaim akurasinya mencapai 99,99 persen. Bayangkan, saat jam sibuk, interval antara setiap kereta hanya 90 detik. 

www.tribunnews.com