Beranda Daerah Solo Asyik, Solo Tambah Satu Bus Tingkat untuk  Wisata Keliling Kota

Asyik, Solo Tambah Satu Bus Tingkat untuk  Wisata Keliling Kota

58
BAGIKAN

Inilah bus tingkat milik Pemkot Solo yang baru. Foto: Triawati

SOLO– Solo semakin mengukuhkan diri sebagai Kota Wisata Transportasi. Tepat pada Kamis (12/7/2018), Kota Solo kembali menghadirkan satu transportasi wisata unggulannya yaitu berupa bus tingkat.

Bus tingkat berwarna oranye terang yang belum memiliki nama tersebut akan menjadi pendamping bus tingkat wisata pendahulunya, Bus Werkudara. Bedanya, bus tingkat baru ini memiliki kapasitas 60 seat.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta, Hari Prihatno, tambahan satu unit bus wisata kali ini melengkapi transportasi wisata yang sudah dulu ada seperti Kereta Uap Jaladara, Bus Tingkat Werkudara, serta Meeting Bus Gatotkaca.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo didampingi Wakil Walikota Solo Achmad Poernomo, ikut dalam ujicoba bus tingkat baru, Kamis(12/7/2018). Foto: Triawati

“Kami yakin dengan adanya bus tingkat baru dapat meningkatkan minat wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri untuk menikmati wisata transportasi di kota Solo. Bus ini akan beroperasi  sama dengan rute bus tingkat Wekudara. Tarif dan ketentuannya pun sama, makanya akan kita jadikan sebagai bus pendamping,” urainya, di sela-sela Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Serah Terima Bus Tingkat Wisata dari Bank Mayapada kepada Pemkot Solo, Kamis (12/7/2018).

Sementara itu, Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo menambahkan, pemberian nama bus tingkat tersebut rencananya akan diambilkan salah satu nama tokoh wayang juga.

Baca Juga :  BI Solo Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah Lewat FGD Pengembangan Pariwisata

“Nantinya nama bus akan merepresentasikan pemberi hibah yakni pendiri Tahir Foundation, Dato’ Sri Tahir. Tapi kita pikirkan dulu, hibah ini sebagai wujud cinta beliau kepada Kota Solo. Karena saya dengar ibunya pak Tahir ini asli Solo juga,” ujarnya.

Di sisi lain, poses serah terima dan peluncuran bus tingkat tersebut ditandai dengan pemecahan  kendi ke kepala bus. Walikota beserta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah juga berkesempatan menjajal bus berkeliling kota Solo. Triawati Prihatsari Purwanto