JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Awas. Jangan Memeram Pisang Pakai Karbit, Jika Tak Ingin Rumah Anda Terbakar

Ilustrasi
Ilustrasi

WONOGIRI-Kebakaran hebat melanda bangunan dapur di Dusun Sambeng RT 1 RW 4, Desa Widoro, Kecamatan Sidoharjo, Sabtu (7/7/2018). Kebakaran dipicu pemilik rumah yang memeram pisang menggunakan karbit.

Kasubag Humas Polres Wonogiri AKP Hariyanto mengungkapkan, pemilik bangunan dapur adalah Darmo (60). Kebakaran diketahui dinihari tadi.

Awal kejadian, korban pada Jumat (6/7/2018) sore memetik pisang dari kebun. Selanjutnya diperam untuk dimatangkan dengan cara dimasukan dalam plastik kresek bekas pupuk yang didalamnya dikasih karbit.

Baca Juga :  Fenomena Apa ini, 4 Pasien Positif COVID-19 di Wonogiri yang Meninggal Mengalami Pengentalan Darah, Satgas Percepatan Langsung Koordinasi Dengan Pemprov, Alkes di RSUD pun Ditambah

“Pakai karbit agar cepat masak,” ungkap dia.

Kresek berisi peraman pisang itu kemudian diletakkan di atas tumpukan kayu yang sedianya untuk bahan bangunan rumah. Namun karbit yang ada di dalamnya meledak dan menimbulkan api. Selanjutnya membakar tumpukan kayu dan merambat ke rumah dapur.

Baca Juga :  Dari Konfercab PGRI Cabang Giritontro Wonogiri, Joko Pudyanto Terpilih Sebagai Ketua, Berharap Kepengurusan Anyar Bisa Beri Warna Baru dan Wujudkan Hal ini

Naasnya, dalam dapur itu ada tumpukan jerami kering pakan ternak. Selain itu atap dapur yang terbuat dari bambu ikut terbakar. Butuh waktu selama lebih dua jam api dapat dipadamkan.

“Kejadian tersebut tidak menimbukan korban jiwa. Keruguan materiil sebesar Rp.55.000.000,” sebut dia. Aris Arianto