loading...


Istimewa

SOLO– Bahasa Indonesia akan semakin dikukuhkan posisinya di Ruang Publik melalui Deklarasi Pengutamaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik, Selasa-Jumat (7-10/8/2018) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Rencananya, deklarasi ini segera menyasar pengumuman di semua venue di event Asian Games 2018 yang menggunakan Bahasa Indonesia usai penyelenggaraannya. Menurut Kepala Pusat Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Ghufran Alu Ibrahim, mengungkapkan, Seminar dan Lokakarya (Semiloka) serta Deklarasi Pengutamaan Bahasa Negara digelar di Solo karena Solo merupakan situs memori dalam kaitannya dengan sejarah bahasa Indonesia.

“Karena tujuh tahun sebelum Indonesia merdeka, pada 1938 di Solo pernah ada kongres Bahasa Indonesia yang memperoleh hasil yakni pembinaan bahasa Indonesia yang diangkat di dalam Sumpah Pemuda. Maka 80 tahun setelah kongres bahasa Indonesia pertama, kami ingin menggelar kongres serupa di Solo. Intinya pengutamaan Bahasa Negara di ruang publik,” terangnya, Senin (30/7/2018), di Gedung Prakosa UNS Surakarta.

Baca Juga :  Angkat Tema Nasionalisme dalam Peringati Hari Pahlawan, Mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta Buat  Mural  Raksasa

Ghufran menambahkan, beberapa hal yang akan dibahas dalam kegiatan tersebut yaitu tentang pencarian bahan alternatif solusi atas permasalahan lanskap bahasa ruang publik dari tiga dimensi, di antaranya bahasa, sejarah, dan hukum.

“Produk dari deklarasi ini nantinya akan segera dilakukan. Yang paling dekat yaitu menyasar pengumuman di semua venue Asian Games 2018 yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama. Tetapi tidak lantas menghapus bahasa internasional lain dalam pengumuman itu. Jadi kita sudah berdiskusi dengan pihak Inasgoc untuk mengoptimalkan hal tersebut. Untuk teknisnya di papan pengumuman yakni Bahasa Indonesia ditaruh di paling atas, dan bahasa internasional berada di bawahnya,” tukasnya.

Baca Juga :  Siswa SD Muh 1 Ketelan Solo Meriahkan Rembug Nasional

Tidak hanya itu, akan dibuat juga sejumlah buku pedoman bagi para Atlet Asian Games internasional yang di dalamnya ada bahasa Indonesianya. Harapannya, para atlet luar negeri juga bisa sekaligus belajar sedikit-sedikit tentang bahasa Indonesia di buku pedoman tersebut.

“Kongres ini sebagai bagian pemanasan kongres Bahasa Indonesia yang akan digelar di Jakarta, 28 Oktober 2018 mendatang,” jelasnya.

Di sisi lain, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNS Surakarta, Widodo Muktiyo mengatakan, selain deklarasi dan seminar, akan djadakan juga lokakarya serta sejumlah lomba yang digelar di UNS.

“Para pakar dan praktisi serta tokoh masyarakat dalam pembahasan kondisi terkini dan pencarian bahan alternatif solusi atas permasalahan lanskap bahasa ruang publik dari tiga dimensi: bahasa, sejarah, dan hukum akan dipertemukan dalam Seminar dan Lokakarya (Semiloka) serta Deklarasi Pengutamaan Bahasa Negara,” pungkasnya. Triawati PP

Loading...