JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Deklarasi Pengutamaan Bahasa Indonesia Digelar di Solo, ini Sasarannya

Istimewa
Istimewa

SOLO– Bahasa Indonesia akan semakin dikukuhkan posisinya di Ruang Publik melalui Deklarasi Pengutamaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik, Selasa-Jumat (7-10/8/2018) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Rencananya, deklarasi ini segera menyasar pengumuman di semua venue di event Asian Games 2018 yang menggunakan Bahasa Indonesia usai penyelenggaraannya. Menurut Kepala Pusat Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Ghufran Alu Ibrahim, mengungkapkan, Seminar dan Lokakarya (Semiloka) serta Deklarasi Pengutamaan Bahasa Negara digelar di Solo karena Solo merupakan situs memori dalam kaitannya dengan sejarah bahasa Indonesia.

Baca Juga :  Disebut Tertinggi di Soloraya,  Ini Besaran UMK Solo yang Diusulkan Gibran

“Karena tujuh tahun sebelum Indonesia merdeka, pada 1938 di Solo pernah ada kongres Bahasa Indonesia yang memperoleh hasil yakni pembinaan bahasa Indonesia yang diangkat di dalam Sumpah Pemuda. Maka 80 tahun setelah kongres bahasa Indonesia pertama, kami ingin menggelar kongres serupa di Solo. Intinya pengutamaan Bahasa Negara di ruang publik,” terangnya, Senin (30/7/2018), di Gedung Prakosa UNS Surakarta.

Baca Juga :  Belasan Ribu Relawan Jokowi Akan Hadiri Ngunduh Mantu Kaesang-Erina di Solo

Ghufran menambahkan, beberapa hal yang akan dibahas dalam kegiatan tersebut yaitu tentang pencarian bahan alternatif solusi atas permasalahan lanskap bahasa ruang publik dari tiga dimensi, di antaranya bahasa, sejarah, dan hukum.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com