JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Mau Tahu Gejala Penyakit TBC dan Pengobatannya?Simak Ulasan Berikut Ini

Penyuluhan kesehatan tentang TBC di Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo
   
Penyuluhan kesehatan tentang TBC di Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo

WONOGIRI-RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso (RSUD SMS) Wonogiri menerjunkan dua dokternya untuk memberikan penyuluhan kesehatan kepada warga Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Selasa (31/7/2018).

Dokter Lilik Triasmoro memberikan penyuluhan tentang TBC. Sedangkan dokter Andri Kusuma Harmaya, menyampaikan tentang urologi saluran kencing.

Diterangkan oleh Lilik bahwa TBC adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TBC (Mycobakterium Tubercolosis). Cara penularan penyakit TBC melalui kuman yang beterbangan di udara dan masuk ke dalam tubuh manusia melalui pernafasan. Kemudian masuk ke paru-paru lalu ke sistem peredaran darah dan menyebar kebagian tubuh lainnya.

Baca Juga :  Siapa Saja Calon Bupati Wonogiri 2024?

Gejala utama yang dirasakan adalah batuk terus-menerus dan berdahak selama tiga minggu atau lebih. Gejala yang lain berupa dahak bercampur darah, batuk berdahak, badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan turun, berkeringat malam walaupun tanpa kegiatan, demam meriang lebih dari sebulan.

Pencegahan penularan untuk penderita TBC dengan minum obat secara teratur, menutup mulut saat bersin dan batuk, tidak meludah sembarang tempat. Jemur tempat tidur bekas penderita secara teratur dan buka jendeka rumah lebar-lebar agar udara masuk dan sinar matahari dapat masuk.

“Untuk mengetahui TBC secara tepat sekarang ada TCM (Tes Cepat Molekuler) yaitu pemeriksaan baru untuk tuberkulosis yang dapat mendiagnosa penyakit dan mendeteksi bentuk tahan obat/resisten obat dalam waktu kurang dari dua jam dan lebih akurat,” terang dia.

Baca Juga :  Lowongan Kerja Disabilitas Segera, Ada 78 Formasi, Berminat?

Andri Kusuma Harmaya menyampaikan urologi mengenai batu saluran kemih. Apabila sering merasakan nyeri pinggang dan nyeri saat kencing atau bahkan kencing darah harus diwaspadai dan disarankan untuk segera melakukan pengecekan kesehatan. Karena bisa terkena masalah batu saluran kencing. Apabila sudah dinyatakan terkena batu saluran kencing untuk pengobatan bisa dengan terapi obat pereda nyeri (paracetamol), sapasmolitik, alfa blocker dan yang paling penting perbanyak minum air putih. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com