Beranda Market Ekbis Dongkrak Tingkat Literasi Keuangan, BEI Solo Incar Tiga Daerah Di Jateng

Dongkrak Tingkat Literasi Keuangan, BEI Solo Incar Tiga Daerah Di Jateng

16
BAGIKAN

pexels.com

SOLO- Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Solo mengincar tiga daerah di Jawa Tengah untuk melakukan sosialisasi tentang pasar modal. Hal itu dilakukan guna meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat.

Kepala Kantor Perwakilan BEI Solo, M Wira Adibrata mengungkapkan, sosialisasi ke tiga daerah di Jateng tersebut dilakukan dengan penyelenggaraan Sekolah Pasar Modal (SPM). Ketiga daerah di Jateng yang diincar yaitu Sragen, Salatiga dan Boyolali.

“Bulan ini kita akan membuat sekolah pasar modal (SPM) di tiga daerah, yaitu Sragen, Salatiga dan Boyolali. Ketiga daerah tersebut kami bidik karena selama ini minat masyarakat yang tertarik untuk mengikuti kegiatan pelatihan mengenai pasar modal di Solo cukup tinggi. Bahkan dari pelatihan yang dilakukan selama ini dikantornya, sekitar 20 persen peserta berasal dari daerah tersebut,” urainya, Senin (9/7/2018)

Ditambahkan Wira, beberapa pertimbangan lain pemilihan ketiga daerah tersebut karena selama ini di daerah tersebut juga belum ada yang pernah memfasilitasi kegiatan serupa.

“Dalam sekolah pasar modal itu, para peserta akan mendapatkan beberapa materi daaar mengenai  pasar modal. Seperti apa itu pasar modal, mekanisme transaksi, mengenal investasi ilegal dan non ilegal, sertifikat hingga pembukaan akun bagi masing-masing peserta. Adapun jadwal sekolahnya, untuk Sragen akan digelar pada 9 Juli, Boyolali 19 Juli dan Salatiga 26 Juli. Dalam sekolah itu, ditargetkan masing-masing daerah dapat menjaring 15-20 peserta,” imbuhnya.

Baca Juga :  Berbagai Potensi Daerah di Indonesia Ditampilkan dalam Pameran UKM di Solo Grand Mall

Selaun materi, BEI Solo juga akan memberikan kesempatan praktek pada peserta dalam SPM.

“Metode yang kita ajarkan dalam SPM nanti tidak hanya literasi tapi juga inklusi. Jadi setelah mereka paham, peserta bisa langsung praktik sendiri, ” tukasnya. Triawati PP