JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Film Horor Bagus Juga untuk Kesehatn Lho, Ini Beberapa Manfaatnya

Ilustrasi/Tempo.co

Siapa bilang menonton film horor itu membuat orang jadi penakut? Tidak selamanya demikian. Bahkan, di satu sisi, menyaksikan film horor bisa  bermanfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat menonton film horor bagi kesehatan menurut timesofindia.com.

Membakar kalori

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 oleh Universitas Westminster di Inggris meminta 10 orang untuk menonton film-film menakutkan yang berbeda. Denyut jantung, keluaran karbon dioksida, dan asupan oksigen dari orang-orang ini dimonitor ketika mereka menonton film.

Orang yang menonton film paling menakutkan itu panik dan melompat beberapa kali, yang menyebabkan pembakaran sekitar 184 kalori. Jumlah ini setara dengan kalori yang dibakar dengan berjalan selama 40 menit.

Baca Juga :  Waspada, Risiko Terinfeksi Virus Meningkat di Musim Pancaroba. Ini Saran dari Dokter agar Terhindar dari Covid-19

Penyebabnya adalah pelepasan rangsangan stres, yang menyebabkan pelepasan hormon adrenalin. Ini membuat jantung berdetak yang menarik energi cadangan dari tubuh.

 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal Stress mengungkapkan bahwa menonton film yang menakutkan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk jangka pendek dengan meningkatkan sirkulasi darah dan sel darah putih (melawan infeksi).

 

Meningkatkan suasana hati

Getaran rangsangan negatif meningkatkan suasana hati secara signifikan, kata seorang sosiolog. Orang merasa kurang cemas, kurang frustasi, dan bahagia setelah menonton film seram.

Baca Juga :  Studi Profesor di Universitas AS Klaim Ada Kemungkinan Wabah Demam Berdarah Hambat Penyebaran Covid-19

 

Lebih berani

Orang-orang yang tidak merasakan sensasi setelah menonton film seram tidak akan mengalami manfaat yang disebutkan di atas. Untuk menikmati manfaat dari film yang menakutkan, seseorang perlu merasa takut saat menontonnya.

 

Menghilangkan kecemasan

Beberapa film seram mungkin meninggalkan pengalaman yang menakutkan pada anak-anak. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Michigan di Amerika Serikat, 26 persen siswa masih memiliki ketakutan masa kecil yang tersisa setelah menonton film yang menakutkan. Ketakutan ini bisa berkurang ketika mereka berani menghadapinya dan menghilangkan kecemasan itu sendiri dengan menonton ulang film horor.

www.tempo.co