JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Geger Bandit Topi Hitam Beraksi di Gondang Sragen. Nyamar Bertamu, Sikat Uang Satu Termos dan Perhiasan Rp 102 Juta 

Tim Inafis Polres Sragen dan Polsek Gondang saat menggelar olah TKP dan mengamankan termos berisi puluhan juta yang dibobol bandit topi hitam di Gondang, Jumat (27/7/2018). Foto/Wardoyo
Tim Inafis Polres Sragen dan Polsek Gondang saat menggelar olah TKP dan mengamankan termos berisi puluhan juta yang dibobol bandit topi hitam di Gondang, Jumat (27/7/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN- Aksi pencurian di siang bolong menggegerkan Dukuh Gombelan, Desa Tegalrejo, Gondang, Jumat (27/7/2018) pagi. Seorang bandit pria yang diketahui mengenakan topi hitam beraksi membobol rumah salah satu pengusaha kelontong setempat, Sunaryo (52) warga Gombelan RT 13.

Menariknya, pelaku yang dikenali mengenakan jaket hitam beraksi sangat cepat memanfaatkan kondisi rumah korban yang sedang kosong.

Aksi pencurian terjadi sekira pukul 09.30 WIB. Menurut data yang dihimpun di lapangan, sekitar pukul 08.00 WIB,  Sunaryo berangkat ke sawah. Kemudian selang satu jam kemudian ia pulang untuk takziyah.

Sesampai di rumah,  ia mengajak istrinya, Suparti untuk takziyah ke kerabat di daerah Toyogo, Sambungmacan. Mereka pun berangkat takziyah dan rumah serta kios ditinggal dengan terlebih dahulu dikunci.

Sekitar setengah jam berselang, pukul 09.30 WIB, keduanya pulang. Setiba di rumah, Sunaryo langsung menuju ke kios untuk mengambil obat hama.

Baca Juga :  Ngeyel Tak Pakai Masker, 11 Warga Sragen Akhirnya Kelabakan Harus Bayar Denda Rp 50.000. Satu Orang Disita KTP Karena Nggak Bawa Duit

Bersamaan dengan itu, datang mobil loper untuk menyetor gas elpiji. Saat hendak membayar,  ia kaget mendapati kamarnya sudah dalam kondisi berantakan.

Ia makin panik setelah melihat termos tempat penyimpanan uang sudah terbuka dan uang Rp 90 juta yang ada di dalamnya sudah amblas. Tak hanya itu, perhiasan berupa kalung 20 gram, liontin 5 gram, 2 cincin 10 gram yang ada di lemari juga amblas.

Total kerugian ditaksir mencapai Rp 102 juta. Atas kejadian itu,  korban langsung syok dan melaporkan kejadian itu ke Polsek Gondang.

Sementara bersamaan dengan kegemparan itu, korban menanyakan kepada kedua tetangga mereka, Herman (35) dan Parikem (60). Keduanya mengaku sekitar 30 menit sebelum korban pulang, sempat melihat ada seorang laki-laki dengan memakai jaket warna hitam, topi warna hitam dan mengendarai sepeda motor jantan warna merah mengetuk pintu lalu.

Baca Juga :  Astagfirullah, Meledak Lagi Kasus Covid-19 Sragen Tambah 42 Positif Hari Ini. Total Kasus Melesat Capai 410, 58 Meninggal Dunia

Lalu dijawab oleh Parikem bahwa rumah sedang kosong ditinggal takziyah. Pria yang diduga pelaku itu kemudian pergi ke arah selatan. Namun saksi mengaku tak menyangka jika pria misterius itu yang telah melakukan pencurian di rumah korban.

Kapolres Sragen, AKBP Arif Budiman melalui Kapolsek Gondang, AKP Suhardi mengatakan sesaat setelah menerima laporan, tim langsung melakukan olah TKP. Dari hasil pengecekan,  pelaku diduga masuk dengan cara mencongkel jendela memanfaatkan kondisi rumah yang kosong ditinggal takziyah.

“Saat ini masih dalam pendalaman. Yang jelas pelaku masuk melalui jendela karena ada bekas congkelan, ” tukasnya. Wardoyo