loading...
Joglosemarnews/A Setiawan

SOLO– Dalam rangka melestarikan budaya, lagu daerah dan permainan tradisional, Kelurahan Kratonan, Kecamatan Serengan menyelenggarakan “Gelar Budaya Dolanan Anak Tempoe Doeloe” Minggu (1/7/18).

Acara digelar di sepanjang Jalan Gatot Subroto, tepatnya di  perempatan Notosuman hingga  perempatan Sraten. Ribuan masyarakat Kota Solo ikut meramaikan gelaran tersebut.

Kepada Joglosemarnews, Diah Widiastuti selaku Kepala Kelurahan Kratonan menuturkan acara tersebut  baru pertama kali di selenggarakan, dengan tujuan untuk melestarikan budaya Jawa khususnya dolanan anak dan lagu daerah.

Baca Juga :  STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta Berubah  Jadi Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta

“Acara ini juga untuk memantapkan bahwa Solo sebagai kota layak anak,” ujarnya.

Dijelaskan , acara tersebut  diikuti oleh warga dengan  pengrawit dari Kratonan, didukung oleh sekolah-sekolah sekitar. Ada 13 dolanan anak yang disuguhkan dalam acara tersebut.

“Ada lima TK dan lima SD yang ikut terlibat dalam acara permainan ini,”  ujarnya.

Loading...

Dia berharap, tahun depan acara serupa akan kembali diselenggarakan.

Baca Juga :  Warga Magelang Tewas Bersimbah Darah di Kamar di Danukusuman Solo, Ditemukan Pisau Cukur di Lantai

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Solo, Kinkin Sultanul Hakim menuturkan bahwa  semua teknologi memiliki sisi positif  ada negatif.

“Hanya saja  kalau kita tidak mengarahkan  atau membangkitkan permainan ini kemudian kalah dengan permainan moderen, semakin hari budaya kita semakin hilang dan kita tak akan punya jati diri,” ujarnya.

“Budaya kita itu luhur dan memiliki nilai untuk menghadapi masa depan. Tinggal kita  mau melestarikannya atau tidak,” tandasnya. #A Setiawan


Loading...