JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pelajaran Berharga Kasus Teroris di Gondang Sragen. DPRD dan Kapolres Ingatkan Kepedulian dan Berani Lapor!  

AKBP Arif Budiman dan Bambang Widjo Purwanto. Foto Kolase/Wardoyo
AKBP Arif Budiman dan Bambang Widjo Purwanto. Foto Kolase/Wardoyo

SRAGEN- Kasus penggerebekan terduga teroris di Dukuh Bumiaji, Gondang, Sragen oleh Densus 88, Rabu (18/7/2018) petang benar-benar mengejutkan publik Gondang dan Sragen. Keberadaan M.Shib (35) terduga teroris yang tinggal di kampung itu, seolah mengusik kedamaian Bumi Sukowati.

Ironisnya, M.Shib yang kelahiran Magetan, Jatim ternyata sudah mendiami rumah di Bumiaji sejak Januari 2018. Meski terbilang warga baru serta jarang bersosialisasi dan banyak warga yang tak mengenal namanya, faktanya M.Shib seolah nyaman-nyaman saja tinggal di kampung tersebut.

Fakta itulah yang memantik atensi dari tokoh masyarakat Gondang maupun Polres Sragen. Wakil Ketua DPRD Sragen asal Gondang, Bambang Widjo Purwanto mengaku kaget dengan keberadaan terduga teroris di Bumiaji, tersebut. Menurutnya kasus itu harus menjadi perhatian warga agar senantiasa waspada terhadap pendatang yang menunjukkan aktivitas dan gelagat mencurigakan.

Baca Juga :  Bantuan BPUM Tahap 2 Ditutup, Total 46.219 Pelaku UMKM Sragen Berhasil Mendaftar. Simak Cara Mengetahui Kalau Bantuan Sudah Cair!

Ia berharap warga bisa lebih proaktif melapor apabila ada pendatang yang tinggal di wilayahnya dengan gelagat mencurigakan.

“Mungkin harus perlu kerjasama dan proaktif lagi dari Polri, Babinsa dan warga. Warga juga harus proaktif kalau ada warga baru mestinya segera lapor Pak RT. Sehingga kejadian ini tidak terulang lagi, ” paparnya Minggu (22/7/2018).

Politisi dari Golkar itu mengaku tidak mengira Gondang yang selama ini damai-damai saja, mendadak terusik oleh penggerebekan teroris. Ia berharap kasus teroris Bumiaji menjadi pelajaran bersama agar ke depan semua bisa meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian lingkungannya.

Baca Juga :  Geger Mayat Pria Ditemukan Tergeletak di Persawahan Desa Jurangjero Karangmalang Sragen. Saat Ditemukan Dalam Kondisi Begini!

Sementara,  Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman berharap kasus di Bumiaji Gondang, bisa menjadikan warga lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Ia mengimbau jika ada pendatang baru di lingkungan dan mencurigakan, warga bisa melaporkan ke Ketua RT,  Babhinkamtibmas maupun petugas terdekat.

“Koordinasi, kewaspadaan dan kepedulian lingkungan harus lebih ditingkatkan. Jangan acuh dan tak peduli. Kalau sekiranya ada warga baru dan mencurigakan, segera lapor ke RT atau Babhinkamtibmas terdekat. Semua demi keamanan dan kondusivitas wilayah, ” tukasnya.  Wardoyo