loading...
Ilustrasi durian

JOGLOSEMARNEWS-Melimpahnya pasokan durian di Malaysia membuat harganya anjlok hingga dijual RM1 atau Rp 3.500 per biji untuk jenis durian tertentu.

Penurunan harga yang drastis ini membuat durian laris manis dan ludes di stan toko begitu diturunkan dari lori pengiriman.

Aizawati Abdul Latib, 34 tahun, yang salah satu pedagang durian di Taman Mutiara, Sungai Kob, mempromosikan durian murah ini terutama untuk yang berukuran kecil.

Kami jual durian kampung berukuran kecil RM1, yang rasanya enak dan gurih, dan setiap orang bisa makan,” kata Aizawati.

Baca Juga :  Aneh, 11 Napi Perempuan Ini Menolak Keluar dari Penjara Meski Sudah Dinyatakan Bebas, Ternyata Karena Ini

Durian Indonesia Punya Kekurangan, Apa Kata Pakar dari Malaysia?

Aizawati juga menjual beberapa jenis durian lain yang harganya berkisar RM3 – 35 atau sekitar Rp 11 – 123 ribu. Ada durian hibrida, kacang hijau, dan kimpo.

“Tahun ini durian semakin murah sehingga kami jual RM1 per biji,” kata dia. Penjualan durian murah meriah mulai digelar sejak pukul tiga sore meskipun sejumlah calon pembeli sudah mengantri sejak pagi.

Karena harga durian semakin murah, Aizawati mengatakan dia berhasil menjual 2 ton durian berbagai varietas setiap harinya.

Baca Juga :  Pernikahan Mewah Bakal Dilarang di Ibukota, Ternyata Ini Masalahnya

Sebagian peminat durian ini datang dari luar kota seperti Penang, Sungai Petani, Selama, dan Perak.

“Kami juga menyediakan paket durian yang sudah dibungkus rapat sehingga tidak menyebarkan aroma di mobil,” kata dia.

Seperti diberitakan Straits Times, harga durian di Malaysia turun drastis dari sekitar Rp500 ribu per kilogram menjadi hanya sekitar Rp170 ribu. Ini terjadi untuk jenis durian populer seperti Raja Musang atau Raja Kucing.

“Biasanya pasokan datang perlahan tapi kemarin durian datang tiba-tiba bahkan sebagian durian kami buang karena tidak sangup menjualnya,” kata Tan See Cheng, 48 tahun.

Baca Juga :  Terlalu, Pria Ini Simpan Jasad Ibunya Selama Satu Tahun Demi Uang Pensiun!

www.tempo.co


Loading...