JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Prihatin Gaji Hanya Rp 300.000, Bupati Karanganyar Siapkan SK Untuk Semua Guru WB SD

Ilustrasi Demo K2
Ilustrasi Demo K2

KARANGANYAR- Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengisyaratkan bakal segara menata guru-guru wiyata bakti (WB) di jenjanh SD. Bukti penataan itu, mereka akan diberikan Surat Keputusan (SK) sebagai pegawai kabupaten.

Fasilitas SK itu juga akan diberikan untuk tenaga di sekolah termasuk penjaga sekolah, pegawai perpus dan administrasi. Bupati memerintahkan kepala dinas untuk melakukan penataan tersebut.

“Jika tidak ada surat maka semua juga akan menjadi repot. Saya tahu di setiap sekolah terdapat 3-4 orang guru WB. Kita akan tata sehingga aspirasi mereka juga dapat diakomodir,” papar Julitamono saat pembinaan kedinasan dan halal bihalal keluarga pendidikan Kecamatan Jumapolo di Balai Desa Kwangsan Senin (17/7/2018).

Baca Juga :  Pangdam dan Kapolda Jateng Kompak Ziarah ke Makam Soeharto di Giribangun Karanganyar. Pangdam Sebut Soeharto Orang Yang Berjasa pada RI dan TNI!

Dia menambahkan dalam waktu dengan ada rekrutmen CPNS untuk guru dengan sistem CAT. Dia berharap rekrutmen CPNS itu akan mengurangi para guru WB di sekolah-sekolah.

Bupati juga mengaku prihatin dengan guru-guru yang hanya digaji Rp 300.000- Rp 400.000. Sehingga pihaknya bakal menata guru-guru tersebut agar lebih baik.

Baca Juga :  Kunjungi Karanganyar, Wakil Gubernur Taj Yasin Ungkap Pemicu Mengapa Jumlah Kematian Pasien Positif Covid-19 di Jateng Melonjak Tajam!

“Sebab garda terdepan membangun Sumber Daya Manusia dalah guru-guru. Guru sebagai agen perubahaan harus menjaga nilai-nilai moralitas,” imbuhnya.

Selain itu, dia membantu biaya bagi guru-guru prestasi untuk sekolah S2 atau S3. Di perubahaan anggaran, pihaknya akan mengalokasikan anggaran agar guru yang berprestasi bisa sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Menurut Juliatmono, pilkada sudah selesai dan berjalan lancar. Saat ini, fokus untuk mengabdi pada bidangnya masing-masing. Wardoyo