Beranda Daerah Solo Relawan Jokowi Pronata Dilantik Hari Ini dengan Mengendarai Sepeda Onthel

Relawan Jokowi Pronata Dilantik Hari Ini dengan Mengendarai Sepeda Onthel

75
BAGIKAN
Salah satu kegiatan Pronata Surakarta/ Foto Dok

 

SOLO- Setelah berproses cukup lama, akhirnya susunan kepengurusan Ormas Pronata (Projo Nawacita) DPC Kota Surakarta masa bhakti 2018-2021 terbentuk. Secara resmi Pelantikan Pengurus DPC Pronata Surakarta digelar Selasa, 31 Juli 2018 di Graha Saba, Jl Letjend Suprapto, Sumber, Solo.

“Kepengurusan dengan masa bhakti tiga tahun ini, dilantik pada Selasa, 31 Juli 2018,” terang Ketua Pronata DPC Kota Surakarta, Baningsih Tedjokartono, Selasa (31/7/2018).

Menurut Baningsih, pelantikan yang sedianya digelar pada pertengahan Bulan Juli lalu, bergeser pada tanggal 31 Juli, lantaran persiapan teknis yang perlu dimatangkan. “Selain dari para pengurus, kami juga mengundang berbagai kelompok relawan Jokowi yang ada di Solo Raya pada deklarasi nanti,” jelas Baningsih dalam rilis yang diterima Senin (30/7/2018).

Disebutkan, ada sekitar 300 undangan yang disebar pada perhelatan pelantikan pengurus. Kegiatan yang digelar mulai pukul 08.00 WIB tersebut juga menyajikan berbagai rangkaian acara yang unik, berbeda dengan pelantikan-pelantikan pengurus organisasi pada umumnya.

Sementara Ketua Panitia Pelantikan, Bambang Mintosih menambahkan, unsur kesederhanaan dan kebhinnekaan sangat tercermin dalam acara pelantikan tersebut. Simbol kesederhanaan, diperlihatkan saat atraksi pembukaan. “Kami menggunakan sepede onthel, sebagai simbol bahwa kami dekat dengan rakyat. Apalagi, Pak Jokowi suka dengan sepeda,” papar pria yang akrab disapa Benk Mintosih ini.

Baca Juga :  Pecas Ndahe, Sruti Respati dan Sejumlah Grup Musik akan Meriahkan Konser Apresiasi Musik Kebangsaan, Sabtu 18 Agustus Malam

Di sisi lain, simbol kebhinnekaan juga diperlihatkan pada berbagai personel pengurus dari berbagai latar belakang agama, suku, profesi dan golongan. “Nanti ada juga persembahan Tari Bhinneka dari Grup Tari Putra Bangsa, Klaten ikut meramaikan acara pelantikan pengurus,” kata Benk Mintosih.

Ketua Umum DPP Pronata, Marhaendro Slamet Haryono sendiri yang melantik pengurus DPC Pronata Surakarta. Bersama Sekjend DPP Pronata, Ayu Pangesti hadir pula beberapa pengurus dan dewan penasihat DPP Pronata.

Pronata memang mengambil peran untuk menjaga dan mensosialisasikan program Nawacita, yang menjadi agenda besar Presiden Jokowi. Sejumlah tokoh-tokoh Kota Bengawan bergabung dalam jajaran kepengurusan. Tokoh-tokoh dari berbagai profesi seperti pengusaha, akademisi, intelektual dan sebagainya, turut bergabung. Triawati PP