JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sering Sebabkan Banjir, Komunitas Relawan Tirtomoyo Bersihkan DAS Wiroko

Relawan Kecamatan Tirtomoyo membersihkan DAS Wiroko
Relawan Kecamatan Tirtomoyo membersihkan DAS Wiroko

WONOGIRI-Komunitas relawan Kecamatan Tirtomoyo menggelar bersih-bersih sungai, Jumat (27/7/2018). Kali ini yang menjadi sasaran adalah sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Wiroko.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto menerangkan, kegiatan itu bertujuan mengurangi resiko bencana. Terlebih DAS Wiroko seringkali meluap airnya saat penghujan tiba. Luapan air bahkan sampai merendam pemukiman dan infrastruktur lainnya.

Baca Juga :  Luar Biasa Lur, DPMPTSP Wonogiri Sukses Raih Penghargaan Public Service of The Year 2020, Penyelenggaranya Markplus Bekerjasama Dengan Majalah Marketeers

“Pembersihan sungai dilakukan bersama warga di sepanjang aliran. Ini sekaligus mengajak masyarakat lebih peduli terhadap keberadaan sungai, mengembalikan sungai kepada fungsinya,” terang dia.

Bersih-bersih sungai di Tirtomoyo rencana dilaksanakan sepekan sekali, khususnya setiap Jumat. Mengingat DAS Wiroko cukup panjang hingga bermuara di Waduk Gajah Mungkur.

Menurut dia, selain ranting dan sampah ada permasalahan lain di DAS Wiroko. Yakni endapan lumpur atau sedimentasi. Dampaknya, daya tampung airnya menjadi berkurang.

Baca Juga :  Deklarasi Kampanye Damai Wonogiri Akhirnya Batal Digelar, ini Penyebabnya

Selain itu beberapa titik tebing di pinggir DAS Wiroko yang terkikis air sungai. Sebagian bahkan ada yang sangat dekat dengan pemukiman. Terkait hal itu dia telah menyampaikannya ke institusi terkait. Aris Arianto