Beranda Daerah Sragen Siapkan Caleg Kejutan di Pileg 2019, Golkar Sragen Bakal Berikan Kompensasi Pelipur...

Siapkan Caleg Kejutan di Pileg 2019, Golkar Sragen Bakal Berikan Kompensasi Pelipur Lara dan Kursi Terbaik

231
BAGIKAN
Ketua DPD Golkar Sragen, Agus Fatchur Rahman saat mengukuhkan kepengurusan Golkar Sragen dan konsolidasi jelang Pileg 2019. Foto/JSnews

SRAGEN- Menjelang tahapan pendaftaran calon anggota legislatif (Caleg) di Pemilihan Legislatif 2019, Partai Golkar Sragen mulai memanasi mesin politik dan para kandidat Caleg.

Selain menggembleng mental dan kesiapan, sebanyak 45 Bacaleg yang akan berlaga di Pileg DPRD Sragen mendatang juga diberikan pemantik beripa kompensasi pengganti biting (suara) bagi Caleg peraih suara signifikan namun gagal terpilih.

Hal itu terungkap dalam kegiatan pembekalan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Golkar Sragen di Gedung DPD Golkar,  Senin (2/7/2018). Selain Bacaleg,  pembekalan juga diberikan kepada jajaran fungsionaris Golkar dari tingkat DPD hingga Pimpinan Kecamatan (PK).

Ketua DPD Golkar Sragen, Agus Fatchur Rahman menyatakan sejauh ini persiapan menghadapi Pileg sudah digeber. Kuota Bacaleg telah terpenuhi di masing-masing dapil (daerah Pemilihan) termasuk kuota 30 persen perempuan dengan jumlah total Bacaleg yang tersaring sebanyak 45 atau sebanyak kursi di DPRD Sragen.

Selain pembekalan dan strategi pemenangan, Golkar juga akan menyiapkan strategi dengan menyiapkan dana pengganti suara yang diperoleh Bacaleg yang meraih suara signifikan namun gagal terpilih.

Nantinya mereka akan mendapat uang pengganti perolehan suara yang akan dibebankan kepada Caleg di atasnya yang berhasil duduk di DPRD.

Besarnya uang pengganti perjuangan suara itu ditetapkan untuk perolehan suara mininal 500 suara.

Untuk perolehan suara 500-999 diganti Rp 30.000 per suara. Sedangkan diatas seribu suara per kepala Rp 40.000. Dengan adanya pemantik ini, mantan Bupati Sragen itu optimis bacaleg akan berlomba-lomba untuk meraih suara terbanyak.

Baca Juga :  Saat Presiden Jokowi Mengaku Tersinggung Curhatan Pimpinan Ponpes di Sragen Yang Bangun Asrama Pakai Uang Yen

“Kita noto caleg gampang-gampangan saja. Salah satunya pengganti biting (suara) dari Rp 30.000 persuara sampai Rp 40.000. Mekanisme itu kita tambah lagi jabatan politik di DPR akan diraih suara terbanyak siapapun mereka pendatang baru lama suara terbanyak akan menduduki kursi strategis di DPR,” ujarnya.

Agus juga mengatakan, sejumlah nama bacaleg baru disebut akan meramaikan Pileg dan digadang membuat kejutan. Seperti Purnawirawan Polri berpangkat Kombes, di dapil Dawung, politisi cantik dari partai Hanura akan masuk di Dapil Sragen Kota dan masih banyak caleg potensial lainnya.

Ditambahkan, dengan kesiapan dan persiapan itu, pihaknya berharap bisa meningkatkan raihan kursi hingga memenangkan Pileg 2019.

Namun jika tidak tercapai, minimal ditargetkan bisa mempertahankan 8 kursi di DPRD. Disinggung wilayah yang perlu kewaspadaan, lanjut Agus, hampir seluruh wilayah perlu didorong untuk meningkatkan perolehan suara. Wardoyo