Beranda Daerah Wonogiri Tips Hindari Kebakaran yang Mengancam Lahan dan Pemukiman di Wonogiri

Tips Hindari Kebakaran yang Mengancam Lahan dan Pemukiman di Wonogiri

31
BAGIKAN

Jajaran Polsek Selogiri memasang spanduk larangan membakar sampah di area hutan

WONOGIRI-Kebakaran lahan maupun pemukiman terus mengancam wilayah terluas kedua di Jateng, yakni Wonogiri. Untuk menghindarinya ada sejumlah tips yang perlu dilakukan.

Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede menegaskan, saat musim kemarau saat ini sudah tercatat terjadi beberapa kali kebakaran di Wonogiri. Bencana kebakaran tidak hanya menimpa pemukiman penduduk, namun juga lahan milik warga.

“Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh masyarakat, untuk menghindari terjadinya kebakaran,” tegas Kapolres, Selasa (10/7/2018).

Untuk menghindari kebakaran di pemukiman, perwira dengan tanda pangkat melati dua di pundak itu menyebutkan sejumlah langkah. Yang terpenting memastikan semua hal yang berhubungan dengan api dan listrik sudah putus atau padam saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

“Pastikan kompor atau tungku sudah mati. Peralatan listrik sudah dicabut dan dimatikan, instalasi listrik juga wajib aman,” tandas dia.

Sedangkan kebakaran di lahan bisa diminimalkan dengan tidak membakar sampah. Juga dengan tidak membuang puntung rokok.

Baca Juga :  Kebakaran di Jarak Girimarto. Gara-gara Anak Kecil Main Korek Api, Puluhan Jutapun Ludes

“Sampah jangan dibakar, tapi dijadikan pupuk,” sebut dia.

Sedangkan sikap yang harus ditegakkan mengantisipasi kebakaran adalah tetap waspada. Tidak boleh lengah terhadap ancaman kebakaran. Pasalnya kebakaran bisa terjadi di semua tempat dan kondisi.

Kewaspadaan menurut dia bisa meminimalkan kemungkinan terjadinya bencana. Selain itu, dengan kewaspadaan juga bisa memperkecil kerugian yang timbul. Aris Arianto