loading...


pexels.com

SOLO– Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menargetkan empat proposal mahasiswanya lolos mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2018. Target tersebut ditentukan berdasarkan jumlah proposal yang berhasil lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebanyak lima proposal.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unisri, Sutoyo mengungkapkan, kelima proposal tersebut berhasil lolos dalam PKM dan mendapatkan hbah dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Jumlah proposal yang berhasil lolos PKM tahun 2017 meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 2016 yang hanya lolos dua proposal. Untuk itu dari lima proposal kami harapkan mampu lolos ke Pimnas setidaknya empat proposal,” urainya, Senin (2/7/2018).

Baca Juga :  Dua PTN di Jogja Masuk Lima Besar Nasional Bidang Kemahasiswaan, UGM No. 1 dan UNY No.5

Dikatakan Sutoyo, jumlah sebelumnya Unisri menyeleksi 300 proposal PKM dengan jumlah yang diunggah ke Kemenristekdikti sebanyak 70 dan lima di antaranya berhasil meraih hibah dari Kemenristekdikti.

“Peningkatan jumlah proposal yang lolos PKM tidak lepas dari proses yang diawali dari workshop, kemudian penyamaan persepsi pembimbing. Setelah adanya persamaan persepsi antara dosen pembimbing dan mahasiswa, selanjutnya mahasiswa membuat proposal yang dibatasi oleh waktu,” tukasnya.

Tidak hanya itu, pihak universitas juga mendatangkan reviewer dari luar kampus untuk mengevaluasi proposal mahasiswa yang masuk. Dengan demikian, secara kualitas proposal yang diajukan juga mengalami peningkatan. Adapun kelima  judul proposal PKM Unisri yang lolos di antaranya  Pemanfaatan Lahan Kosong Urban Farming Solusi Tepat Guna Menuju Gerakan Peduli Lingkungan Pangan Sehat; Visibilitas Bakteri Pembentukan Asam pada Yoghurt yang disuplementasi dengan Ekstrak Jahe Gajar (Zingiber Officinale Var, Roscue); Pembuatan Beras Analog Berbahan Dasar Tepung Ampas Tahu dan Tepung Ubi Kayu Dengan Variasi Penambahan Tepung Tulang Ikan Lele dan CMC (Carboxy Methyl Cellulose); Pemanfaatan Ekstrak Kulit Terong Belanda (Solanum Betaceum) sebagai Antidiabetes dan Antikolesterol pada tikus wistar jantan yang diindukasi aloksan; serta Proposal berjudul Karakteristik Kimia dan Organoleptis Yoghurt Tempe dengan Penambahan Ekstrak Buah Bit. Triawati PP

Loading...