Beranda Daerah Wonogiri Warga Desa Sukoharjo Terima Sosialisasi Pengemasan Produk UMKM

Warga Desa Sukoharjo Terima Sosialisasi Pengemasan Produk UMKM

57
BAGIKAN
Sosialisasi pengemasan produk UMKM di Desa Sukoharjo Kecamatan Tirtomoyo

WONOGIRI-Warga Desa Sukoharjo Kecamatan Tirtomoyo mendapatkan sosialisasi teknik pemasaran produk UMKM. Terutama membuat kemasan produk yang baik.

Adalah Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Wonogiri yang memberikan sosialisasi itu masih alam rangkaian pembangunan non fisik program TMMD Reguler di desa setempat. Yakni tentang pelatihan teknis pengemasan, penyimpanan, pelabelan makanan olahan.

Budi Eko Nugroho, Kasi Informasi Industri, Selasa (31/7/2018) mengatakan, salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pemasaran produk olahan makanan yaitu tentang pengemasan. Hal ini diambil dari peribahasa jawa ” Ajining Diri Soko Lathi Ajining Rogo Soko Busono”.

“Bukan hanya rasa yang enak namun penampilannya harus bisa menarik konsumen,” kata dia.

Selain untuk menarik konsumen, pengemasan makanan juga mempunyai tujuan yang lain. Yaitu lebih mengawetkan makanan, jadi masa berlaku makanan akan lebih lama. Pelabelan makanan pun tak kalah penting karena untuk memberikan informasi tentang bahan yang dikemas, cara menggunakan produk (how to use), cara menangan produk, tanggal kadaluarsa, komposisi produk, ukuran, volume, bobot, siapa produsennya, lokasi produksi.

Baca Juga :  Pemandangannya Keren. Upacara 17 Agustus di Landasan Gantole Puncak Joglo Wonogiri

Ditempat yang sama masyarakat Desa Sukoharjo juga mendapatkan ilmu tentang tanaman produktif Alalternatif yang disampaikan Dinas Pertanian dan Pangan melalui Joko Santoso, sebagai Kordinator Penyuluh Kecamatan Tirtomoyo. Pada kesempatan itu Joko Santoso menyampaikan bahwa kita jangan hanya mengandalkan jenis tanaman yang itu-itu saja sebagai penghasil makanan atau untuk komoditas perdagangan, ita juga harus melihat potensi yang ada disekitar. Aris Arianto