loading...
Loading...
Istimewa

SOLO- Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat Indonesia tentang kebijakan dan ekosistem Gerbang Pembayaran Nasional, Bank Indonesia Solo bersama Sub Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jateng Surakarta menyelenggarakan “Kampanye Gerbang Pembayaran Nasional” yang bertemakan “Gerbang Pembayaran Nasional, Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional”. Kegiatan kampanye yang sama juga berlangsung di seluruh Indonesia

Kampanye GPN di Soloraya sendiri terdiri dari kegiatan Kick Off Kampanye GPN pada Minggu (19/8/2018) dan Pekan Penukaran Kartu ATM/Debit berlogo GPN pada 20 – 27 Agustus 2018. Kegiatan Kick Off Kampanye GPN, Minggu (19/8/2018), di area CFD Solo berupa Carnival Parade yang melibatkan seluruh perbankan se-Soloraya dan ± 1000 peserta yang didukung oleh berbagai pilar utama di daerah, seperti Pemerintah Daerah, Dunia Usaha, Tokoh Masyarakat, dan Dunia Pendidikan.

Baca Juga :  12 Peserta Diplomat Success Challenge X akan Bertarung di De Tjolomadoe dalam Final Day

“Disediakan juga Klinik GPN oleh beberapa bank untuk memberikan bantuan informasi kepada nasabah dan masyarakat yang hendak menukarkan kartunya dengan kartu GPN. Sementara itu, Pekan Penukaran kartu ATM/debit berlogo GPN pada 20 – 27 Agustus 2018 dilakukan dengan bekerjasama dengan 12 bank di banyak tempat strategis di Wilayah Soloraya,” ujar Kepala BI Kantor Perwakilan Solo, Bandoe Widiarto.

Bandoe menambahkan, Kampanye GPN bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat serta acceptance dan willingness masyarakat terhadap GPN. GPN, sistem yang diinisiasi oleh Bank Indonesia, mampu menghubungkan berbagai transaksi non tunai pada semua instrumen bank dalam satu sistem pembayaran, sehingga mampu menciptakan interkoneksi dan interoperabilitas. Interkoneksi adalah keterhubungan antara jaringan sistem yang satu dengan jaringan sistem lainnya, sementara interoperabilitas adalah kondisi dimana instrumen pembayaran dapat digunakan pada infrastruktur lain selain dari infrastruktur penerbit instrumen yang bersangkutan.

Baca Juga :  UNS Jalin Kerjasama dengan PT Ndayu Park Bitec

“GPN mampu menciptakan sistem pembayaran yang lancar, aman, efisien, dan andal. Aman, karena pemrosesan transaksi domestik (off us) terhadap kartu debit yang sebelumnya masih dilakukan di luar negeri, menjadi lebih aman karena dilakukan di dalam negeri. Efisien, karena merchant (merchant discount rate) di Indonesia yang sebelumnya relatif tinggi dibandingkan dengan negara tetangga, menjadi lebih murah dengan adanya GPN. Andal, karena interkoneksi dan interoperabel. Kartu debit berlogo GPN dapat digunakan pada semua mesin EDC di seluruh Indonesia,” imbuuhnya.

Baca Juga :  Mahasiswa UNSA Ikuti Latihan Bela Negara Di Lanud Adi Soemarmo

Dan selanjutnya, nasyarakat dapat menukarkan kartu debit lamanya menjadi kartu debit berlogo GPN di kantor bank masing-masing dengan membawa antara lain KTP/kartu identitas dan kartu debit. Dengan kartu berlogo GPN, beberapa manfaat yang didapat masyarakat, yaitu dapat digunakan untuk bertransaksi di semua mesin EDC di seluruh Indonesia, tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar, penurunan biaya pemrosesan transaksi, sehingga biaya administrasi lebih murah, dan meningkatkan perlindungan konsumen dengan pengamanan data transaksi nasabah. Triawati PP

Loading...