JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Fix, Penjual dan Peminum Miras di Sragen Bakal Dijerat Pidana Sampai 6 Bulan Penjara. Ada 10 Golongan Yang Kecipratan Dosa Miras 

Kapolsek Karangmalang, AKP Mujiono saat memberikan paparan dalam penyuluhan hukum Waspada Miras di Pemkab Sragen, Senin (20/8/2018). Foto/Wardoyo
Kapolsek Karangmalang, AKP Mujiono saat memberikan paparan dalam penyuluhan hukum Waspada Miras di Pemkab Sragen, Senin (20/8/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN- Masyarakat diminta untuk proaktif melakukan pengawasan terhadap peredaran minuman keras (miras) di wilayah masing-masing. Imbauan itu dilontarkan menyusul sudah adanya Peraturan Daerah (Perda) No 3/2018 tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol di Sragen atau yang akrab disebut Perda Miras.

Hal tersebut terungkap dalam sosialisasi dan penyuluhan hukum terkait Perda Miras yang digelar Bagian Hukum Pemkab Sragen dengan jajaran terkait, Senin (20/8/2018) di Sragen. Ada 100an tokoh perwakilan kecamatan, desa dan pelajar SMA/K yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Razia di Jembatan Sambungmacan, 84 Kendaraan Dihentikan dan Digeledah Puluhan Polisi

Dari Polres, paparan yang disampaikan oleh AKP Mujiono lebih menekankan bahaya miras yang memicu tindak kriminal serta ancaman pidananya. Termasuk sanksi pidana yang diatur dalam Perda yakni bagi pelaku usaha yang melanggar ketentuan ijin dan peredaran akan dikenakan ancaman pidana maksimal 6 bukan dan atau denda Rp 50 juta.

Lantas, setiap orang yang minum miras dan atau mabuk di tempat umum diancam hukuman maksimal 3 bulan dan atau denda maksimal Rp 25 juta.

Baca Juga :  Kapolres Sragen Bongkar Rencana Geng Raharja21 Ajak Perang Geng Gaza dari Klaten. Tujuannya Hanya Untuk Ini

“Kami berharap masyarakat proaktit melaporkan apabila ada keberadaan peredaran miras yang tidak sesuai ketentuan, ada mabuk-mabukan di tempat yang tidak sesuai aturan,” papar AKP Mujiono.

Sementara dari dinas kesehatan kabupaten (DKK), paparan lebih pada dampak dan konsumsi miras dari berbagai aspek. Dari aspek kesehatan, konsumsi miras bisa memicu kerusakan hati, peradangan lambung, jaringan otak, dan merusak sel tubuh hingga berujung kematian.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com