loading...
Loading...
Rektor UMS bersama rombongan saat berpose dengan vice cancellor UPSI, Senin (20/8/2018). Foto: Dok UMS

 

KUALALUMPUR-Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan terus meningkatkan kerjasama dengan UPSI (University Pendidikan Sultan Idris Malaysia) tidak hanya untuk Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) saja melainkan lebih luas dengan fakultas-fakultas lain.

Rektor UMS, Dr Sofyan Anif MSi bersama rombongan, pada Senin (20/8/2018) kemarin melakukan kunjungan ke UPSI. Pada kunjungan tersebut ditandatangani sejumlah pakta kerjasama antar kedua universitas. Di antaranya menyangkut pertukaran mahasiswa atau student exchange.

“Rektor berharap kerjasama dengan UPSI ini tidak hanya antara fakultas pendidikan kedua universitas tetapi bisa melebar ke fakultas-fakultas yang lain. Karena UMS memiliki 12 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana,” ungkap Dr Anam Sutopo MPd yang turut menyertai rombongan dari UMS tersebut.

Dalam sambutannya, Rektor UMS menyampaikan bahwa UMS sebagai perguruan tinggi ternama di Indonesia dan  telah memiliki reputasi internasional, maka akan terus mengembangkan sayap dalam kerjasama dengan perguruan tinggi terbaik di kancah internasional.

Baca Juga :  UMS Terima 4 Penghargaan Terbaik Se-Jawa Tengah dari LLDIKTI

“Karena tidak mungkin masing-masing perguruan tinggi tidak akan bisa maju sendiri di kancah internasional jika tidak berkolaborasi dan bekerjasama dengan sesama perguruan tinggi lain antar lintas negara.  Diperlukan kemitraan yang saling menguntungkan. Dengan UPSI ini, kita akan buat kerjasama yang lebih intens, baik dalam pengiriman dosen studi S3 ataupun dalam pengiriman dosen untuk saling mengisi. Sehingga masing-masing memiliki pengalaman lebih tentang metode pembelajaran ataupun tentang dunia pendidikan di perguruan tinggi masing-masing,” katanya.

Di samping itu, Rektor juga membuka diri untuk dilakukannya publikasi bersama baik bentuk artikel terindeks, artikel terindektasi internasional maupun penerbitan buku. Karena ilmuwan UMS dan ilmuwan UPSI diharapkan bisa joint publication terkait dengan buku-buku yang bisa digunakan untuk materi perkuliahan ataupun untuk konsumsi publik.

Disamping itu juga tidak kalah pentingnya pak rektor memberikan peluang untuk kerjasama penyelenggaraan konferensi saling tukar menukar ahli, maupun narasumber sehingga antara perguruan tinggi ini bisa menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

Baca Juga :  Dosen UNS Bimbing Warga Jatipuro Ubah Limbah Singkong Jadi Nata De Cassava dan Biostarter Kompos

“Ada kesamaan visi antara UMS dan UPSI, mungkin ke depan akan di-follow up oleh fakultas-fakultas yang lain. Yang pasti, sudah memiliki kesediaan yaitu dari dekan Fakultas Teknik UPSI,” tambahnya.

Dalam kunjungan ke UPSI, rektor juga disertai oleh Dekan FKIP UMS Prof Dr Harun Joko Prayitno, Kepala FLP II terintegrasi KKNdik, Kepala P3G FKIP UMS Siti Zuhairiah Ariatmi. Kerjasama UMS dengan UPSI memang dimotori oleh FKIP dan ke depan bisa meluas ke fakultas-fakultas lainnya. Rombongan delegasi UMS diterima oleh Prof Dato‘ Dr Mohammad Shatar Sabran, Vice Chancellor UPSI beserta jajarannya.

Salah satu kegiatan UMS dengan UPSI ini adalah pengiriman mahasiswa ke UPSI dalam konteks student excellent dalam bentuk pembelajaran pengajaran atau KKN dik.

Baca Juga :  Mahasiswa UNSA Ikuti Latihan Bela Negara Di Lanud Adi Soemarmo

“Program ini diharapkan memberikan pengalaman kepada mahasiswa FKIP UMS di dunia global karena bagaimanapun KKN internasional ini akan membuat mahasiswa semakin dewasa, semakin mengerti, semakin memahami akan kultur antar negara sehingga mahasiswa memiliki pengalaman internasional. FKIP UMS telah mengirim 2 kali pada tahun 2017 sukses mengirim 20 mahasiswa pada tahun ini juga sukses mengirim 22 mahasiswa,” tambah Anam Sutopo.

Sedangkan UMS telah menerima beberapa mahasiswa dari UPSI pada tahun 2017 sebanyak 8 mahasiswa dan tahun ini akan dikirim lagi mahasiswa dari UPSI untuk magang atau melakukan praktek persekolahan di jejaring sekolah yang dimiliki oleh FKIP UMS dalam koridor sekolah Muhammadiyah di bawah Dikdasmen PDM se eks Karesidenan Surakarta Raya.

Rektor juga berharap jalinan kerjasama ini tidak hanya dengan UPSI namun bisa melebar dengan universitas atau perguruan tinggi lain Afrika, Eropa dan Negara-negara lain. (Triawati Purwanto)

Loading...