loading...
Loading...
Ilustrasi/Tribunnews

Keramas adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan rambut. Namun, banyak orang lebih memilih cara alami untuk mengeringkan rambut tanpa alat pengering. Padahal jika membiarkan rambut tetap basah dalam jangka waktu yang lama, sebenarnya  tidak baik untuk kesehatan rambut.

Melansir laman Harper’s Bazaar, ahli perawatan rambut, Dr Tim Moore mengatakan, kesalahan besar yang sering dilakukan kaum hawa adalah membiarkan rambut mengering dengan sendirinya, tanpa dikeringkan dengan alat pengering. Menurutnya hal ini secara perlahan akan merusak tekstur rambut itu sendiri.

Baca Juga :  Ternyata Herbal Hanya Bisa Mencegah Kanker Bukan Mengobati, Ini Penjelasannya

“Membiarkan rambut Anda basah dapat memberi tekanan pada untaian, akhirnya melemahkannya. Seharusnya tidak membiarkan rambut Anda basah untuk waktu yang lama,” kata Moore.

Dia menambahkan, jika setiap rambut manusia itu terbuat dari korteks. Ini merupakan area yang menarik bentuk rambut, dan kemudian kutikula di sekitar sisi, yang menjadi pelindung kulit kepala. Saat kedua bagian ini basah, maka tekstur rambut akan membengkak dan memberi tekanan pada kutikula. Ketika rambut basah juga akan membuat rambut kehilangan kekuatannya.

Baca Juga :  Cegah Diabetes, Ganti Nasi dengan Sego Jagung, Ini Keunggulannya

Jika hal ini terus dibiarkan dalam jangka panjang maka, rambut Anda berisiko patah dan bercabang jika membiarkannya basah kuyup. “Terutama karena rambut yang baru dicuci yang tampaknya membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan,” katanya.

Agar rambut tetap sehat Moore menyarankan setelah keramas, rambut segera dikeringkan menggunakan alat pengering. Usahakan  mengatur suhunya tetap rendah untuk menghilangkan kelembapan berlebih, sebelum Anda melakukan styling dan menguncir rambut saat kering.  

www.tempo.co

Loading...