loading...
Loading...
Ribuan warga saat melakukan pencetakan EKTP gratis program Dispendukcatpil Jumat (17/8/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcatpil) Sragen sukses mencetak sebanyak 3.320 keping E-KTP selama satu hari di hari pertama program Cetak Massal E-KTP gratis, Jumat (17/8/2018). Ribuan warga tersebut berbondong-bondong memanfaatkan program cetak massal 10.000 E-KTP yang digelar selama libur dua hari bersamaan momen HUT RI.

Meski layanan baru dilaunching Bupati Sragen setelah upacara HUT Kemerdekaan RI, ribuan warga itu sudah memadati Dispendukcatpil sejak pukul 07.00 WIB. Aliran warga makin meningkat memasuki siang hari bahkan hingga penutupan layanan pukul 16.00 WIB, masih ada sebagian warga yang terlihat menunggu cetakan E-KTP mereka.

Puluhan petugas Dispendukcatpil juga melayani hingga semua warga tuntas terlayani sekitar pukul 17.00 WIB. Kepala Dispendukcatpil Sragen, Haryatno Wahyu L Wiyanto mengungkapkan program cetak massal E-KTP itu digagas untuk membantu masyarakat yang sudah perekaman, KTP rusak dan hilang agar segera memiliki E-KTP. Sebab KTP memang menjadi dokumen administrasi yang sangat penting dan hak warga.

Ditargetkan selama dua hari pelayanan tanggal 17-18 Agustus, bisa mencetak 10.000 E-KTP.

“Tujuannya membantu mempermudah masyarakat yang belum tercetak E-KTP mereka, hilang dan rusak, bisa segera memegang E-KTP. Karena hari ini kita siapkan 20 operator, 15 mesin cetak. Semua gratis,” paparnya.

Baca Juga :  Miris, Digelontor Modal Trilyunan, Produksi Gula Nasional 10 Tahun Terakhir Terus Menurun. Komisi VI Ungkap Defisit Gula Konsumsi Masih 600.000 Ton

Sementara, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengapresiasi program cetak massal E-KTP tersebut. Ia berharap inovasi layanan dengan cetak massal itu diharapkan bisa membantu memudahkan masyarakat bisa segera memiliki E-KTP.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Kepala Dispendukcatpil Haryatno Wahyu L Wiyanto saat launching program Cetak Massal 10.000 EKTP Massal, Jumat (17/8/2018). Foto/Wardoyo

Pelaksanaan cetak massal itu juga mendapat apresiasi positif dari tim Dispermadesdukcatpil Provinsi Jateng yang terjun langsung melakukan pengawasan dan membantu pelaksanaan cetak massal.

Sekretaris Dispendukcatpil Sragen, Wahana Wijayanto menyampaikan secara umum pelaksanaan kegiatan di hari pertama berlangsung lancar. Dukungan jaringan dan server dari pusat sangat lancar mengingat hari libur layanan nasional sehingga proses pencetakan bisa cepat dilakukan.

Berdasarkan rekap saat penutupan layanan pukul 17.00 WIB, total warga yang datang dan mencetakkan E-KTP mencapai 3.320 orang.

“Sengaja kita ambil hari libur karena biar jaringan server pusat longgar, dan Alhamdulilah hari ini semua nggak ada kendala. Tadi 15 mesin kita kerahkan, satu menit bisa 15 keping tercetak. Semua yang mengurus hari ini bisa tercetak dan totalnya ada 3.320 keping,” tukasnya.

Baca Juga :  Innalillahi, Anggota Polsek Masaran Bripka Kurniawan Tewas Jadi Korban Tabrak Lari di Siang Bolong. Pelaku Terdeteksi Kendarai Sepeda Motor

Pihaknya mengerahkan 15 operator untuk menggawangi pelayanan pencetakan. Kemudian layanan dibuka beberapa loket sehingga ribuan masyarakat yang hadir bisa tertib terlayani. Ia berharap di hari kedua Sabtu (18/8/2018) besok, masyarakat bisa lebih banyak lagi sehingga target 10.000 keping bisa tercapai.

“Optimis bisa. Karena animo masyarakat juga sangat tinggi,” tandasnya.

Menurutnya, cetak massal E-KTP itu akan digelar secara gratis. Pencetakan diprioritaskan bagi warga yang sudah perekaman namun E-KTP belum tercetak, warga yang masih memegang surat keterangan (Suket) dan E-KTP sudah rusak.

“Syaratnya bagi yang belum tercetak, hanya membawa Suket saja. Sedangkan yang E-KTP rusak,  cukup membawa E-KTP yang rusak itu. Harus datang sendiri karena nanti untuk pencocokan datanya. Karena bisa jadi E-KTP yang lama belum tercetak itu karena ada kesalahan data atau duplikasi. Kalau orangnya datang kan bisa langsung dibenarkan kesalahannya dan langsung dicetak,” tandasnya.

Layanan cetak E-KTP massal itu akan dibuka pukul 08.00- 16.00 WIB di kantor Dispendukcatpil Sragen. Wardoyo

Loading...