JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kebakaran Lahan di Genukharjo Wuryantoro. 12 Hektare Tanaman Jati dan Mahoni Terbakar

Upaya pemadaman api oleh relawan
   
Upaya pemadaman api oleh relawan

WONOGIRI-Kebakaran lahan masih saja terjadi di wilayah Wonogiri. Kali ini melanda lahan hutan rakyat di Kecamatan Wuryantoro dan Selogiri.

Luas lahan yang terbakar mencapai 12 hektare lebih. Terdiri dari tanaman jati, mahoni, akasia, dan lainnya.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Minggu (5/8/2018) mengatakan, di Kecamatan Wuryantoro terjadi kebakaran hutan rakyat di Desa Genukharjo. Titik api sebenarnya sudah terlihat sejak awal. Namun karena tidak ada upaya segara mendapatkan penanganan sehingga meluas dan membesar.

Baca Juga :  Ramadhan di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri, Target Khatam Alquran 20 Hari dan Berbagi Kebaikan

“Mengakibatkan tanaman jenis jati, mahoni, akasia serta semak-semak terbakar seluas sekitar 12 hektare. Yang meliputi hutan rakyat di wilayah 3 dusun yaitu Dusun Sumber Gayam sekitar 5 hektare, Dusun Jatisari sekitar 1 hektare dan Dusun Salak sekitar 6 hektare,” jelas dia.

Karena kondisi kebakaran lahan hutan rakyat semakin membesar serta dimungkinkan mendekati permukiman warga melaporkannya. Upaya penanganan pemadaman dilakukan secara bersama warga, relawan
Tidak ada korban dalam kejadian tersebut hanya kerugian material tanaman tegakan sebagian besar hangus terbakar yang nilai kerugiannya masih dalam proses perhitungan pemilik lahan.

Baca Juga :  Eling eling Bolo! Area Blackspot alias Rawan Kecelakaan selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

“Kebakaran juga melanda Dusun Kenangan RT 3 RW 3, Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri. Jarak api dengan pemukiman masih aman sedangkan luas lahan yang terbakar belum diketahui,” kata dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com