JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Melonjak, Kurban 2018 Karanganyar Sembelih 11.279 Ekor Sapi dan 5.186 Kambing 

Penyembelihan sapi kurban, Rabu (22/8/2018). Foto/Wardoyo
   
Penyembelihan sapi kurban, Rabu (22/8/2018). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR-  Sebanyak 11.279 ekor kambing dan 5.186 sapi  disembelih pada hari raya Idul Adha 1439 H/2018 dan  tersebar di 17 Kecamatan  yang berada di Kabupaten Karanganyar.Jumlah hewan yang disembelih ini, mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya menyembelih  4.866 ekor sapi dan 10.008 ekor kambing.Penyembelihan hewan Qurban ini dilakukan usai pelaksanaan sholat Idul Adha.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Karanganyar, Mustain Ahmad mengatakan, peningkatan jumlah hewan Qurban ini, menunjukkan tingkat perekonomian dan kesadaran masyarakat semakin meningkat untuk menyembelih hewan Qurban.

“Jumlah hewan kurban di Karanganyar  pada Idul Adha kali ini mengalami peningkatan jika dibanding dengan Idul Adha tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut lebih karena kesadaran masyarakat untuk berkurban serta tingkat perekonomian masyarakat semakin meningkat,” kata Mustain Ahmad, Rabu (22/08/2018).

Sementara itu, bupati Karanganyar, Juliyatmono meminta kepada panitia Qurban di seluruh wilayah, agar diberikan kepada mereka yang berhak dan membutuhkan sebagai wujud solidaritas dan keperdulian terhadap sesame.

Disisi lain, berdasarkan pantauan, di Masjid Agung Karanganyar, panitia menyembelih sebanyak empat ekor sapi. Penyembelihan sapi ini, diawasi langsung oleh Dinas Kesehatan. Petugas kemudian memeriksa hati dari sapi hewan Qurban tersebut. Petugas memeriksa hati bagian luar kemudian membelah hati. Saat dibelah terlihat keluar cacing. Petugas kemudian meminta agar hati sapi tersebut di pisahkan dari daging lain.

“ Secara keseluruhan, daging sapi hewan Qurban yang disembelih, cukup baik. Memang kita menemukan adanya cacing hati di salah satu sapi yang disembelih. Hati tersebut kita minta untuk dipisahkan dan tidak dibagikan,” kata Sekretaris Dinas kesehatan Karanganyar. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com