JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pendaftaran Capres-Cawapres, Masa Pendukung Dilarang Bawa Atribut Provokatif

ilustrasi

Pilpres1
Ilustrasi/Tribunnews

JAKARTA –  Batas akhir pendafaran Capres-Cawapres makin dekat, dan suasana kian menghangat terkait dengan Cawapres kedua kubu yang kini belum menemui titik terang. Demi menjaga suasana tetap kondusif, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau massa pendukung masing-masing pasangan Capres-Cawapres tidak provokatif saat mendaftar ke KPU.

“Sebetulnya tak ada aturan tertentu. Tapi kami ingin mengingatkan jangan bersifat provokatif,” ujar Ketua KPU Arief Budiman, Sabtu (4/8/2018).

Imbauan agar pendukung tidak bersikap provokatif, kata Arief, bertujuan supaya tak menimbulkan sentimen negatif saat pendaftaran. Selain itu, kata dia, aksi provokasi itu ditakutkan akan memicu timbulnya kekerasan.

Baca Juga :  Usai Viral di Twitter soal Tinggal Setahun di Bali dan Ajak WNA Lain, Turis Asing Kristen Gray Akhirnya akan Dideportasi

KPU juga mengingatkan agar masa pendukung tak membawa atribut yang dapat membahayakan orang lain. Arief berharap massa pendukung mengantarkan pasangan capres-cawapres mereka dengan sopan. “Jangan mengganggu ketertiban umum. Mendaftarlah dengan santun,” katanya.

Arief juga meminta agar massa menjaga lingkungan sekitar KPU. Sebab, dari pengalaman sebelumnya, banyak tanaman di taman sekitar KPU rusak akibat kerumunan massa. “Jadi saya ingatkan harus ramah lingkungan, bukan hanya ramah bagi manusia,” ucapnya.

Baca Juga :  Operasi Pencarian Korban Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182 Resmi Dihentikan. Diakhiri Usai Berjalan 13 Hari, Pencarian Kotak Hitam CVR Tetap Dilanjutkan

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga mengimbau peserta pemilu tak membawa atribut-atribut yang bersifat provokatif saat pendaftaran pilpres 2019. Hal ini dilakukan agar suasana pendaftaran pasangan calon tetap kondusif.

“Ini imbauan saja, agar proses pencalonan berjalan lancar dan suasana tetap kondusif,” tutur Anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin, Jumat kemarin (3/8/2018).

KPU telah membuka masa pendaftaran capres-cawapres sejak 4 Agustus hingga 10 Agustus 2018. Pada hari pertama ini, belum ada satu pasangan calon yang mendaftarkan diri ke KPU.

www.tempo.co