loading...
ilustrasi/tempo.co

Jaman sekarang makin mudah dengan adanya kulkas. Banyak ibu rumah tangga yang menyimpan aneka makanan, daging maupun sayuran di kulkas dalam waktu beberapa hari.

Namun ketika saatnya mau di makan, masih baikkah dikonsumsi? Nah, karena itu, ada ciri-ciri makanan yang masih layak konsumsi atau yang sudah saatnya dibuang.

Berikut ini tanda jika makanan sudah tak layak konsumsi dari laman Mashed.

  1. Selada dan sayuran berdaun hijau jika terlihat adanya perubahan tektur menjadi lunak, warna menghitam atau menjadi gelap dan berlendir. Hal ini mendakan sayuran ini busuk.
  2. Beri-berian, seperti stroberi dan arbei, jika daging buah menjadi lunak dan warnanya lebih gelap.
  3. Buah berkulit seperti apel, jeruk, dan lemon, tanda busuk cenderung tekstur melunak dan tumbuh jamur. Berkembangnya jamur sebagai tanda terjadinya proses pembusukan.
  4. Susu sudah tak aman dikonsumsi jika aromanya sudah berubah menjadi bau asam dan teksturnya berubah dari cairan putih menjadi kental.
  5. Daging tak layak dimakan jika sudah berbau, berlendir, bahkan ada yang mengalami perubahan warna. Hal ini tanda bakteri telah berkembangbiak.
  6. Makanan laut (seafood), yang harus diperhatikan adalah bau menyengat, dan lendir, kulit ataupun sisik sudah mengelupas, dan tampilannya sudah tak bagus.
  7. Telur, semakin besar kantong udara dan jika dicelupkan ke dalam air akan mengapung. Jika telur masih baik akan tenggelam.
Baca Juga :  Jika Tubuh Capai, Jangan Paksakan Berolah Raga, Ini Beberapa Risikonya

Nah, karena itubiasakan jangan terlalu lama menyimpan makanan di kulkas. Sering-seringlah menengok isi kulkas dan segera olah agar tak menjadi sampah dan pemborosan.

www.tempo.co


Loading...