JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Gagas Program Kota Tanpa Kumuh, BKM di Karanganyar Ternyata Malah 3 Tahun Tak Dapat Bantuan 

Sosialisasi program Kota Tanpa Kumuh
Sosialisasi program Kota Tanpa Kumuh

KARANGANYAR-  Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) dinilai mempunyai peran yang sangat penting dalam mendukung program pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan peran aktif pemerintah Daerah di dalam melestarikan keberadaan BKM.

Ironisnya, sudah 3 tahun terakhir ini BKM tidak mendapatkan bantuan dari BLM Program maupun bantuan operasional APBD Kabupaten Karanganyar.

Lingkungan yang bersih sangat penting untuk peningkatan kesehatan masyarakat, sumber dari kesehatan itu sendiri berasal dari sanitasi atau air bersih.

Baca Juga :  Pak RT Buran Yang Positif Covid-19 Diketahui Bekerja di Pabrik Kebakkramat. Keluarga Sempat Minta Hasil Swab, Tapi Ditolak Pihak Rumah Sakit

Hal itu terungkap dalam acara Peningkatan Kapasitas Masyarakat BKM, Kades/Lurah dan Camat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kamis (13/9/2018).

Bupati Karanganyar berpesan janganlah membuang air besar disembarangan tempat, kota tanpa kumuh atau lingkungan bersih ini nyaris tidak diperhatikan sama sekali hampir di semua Kabupaten. Sebab program itu dianggap tidak menarik.

Baca Juga :  Terduga Pelaku Penembakan Kucing Tetangga di Colomadu Karanganyar Bisa Dijerat Pasal 302 KUHP. Polres Pastikan Segera Panggil Terlapor!

Dia menambahkan bahwa Kabupaten Karanganyar sudah beberapa kali diundang Kementerian PU untuk testimoni keberhasilan sanitasi.

“Disini BKM perannya lebih strategis untuk menciptakan lingkungan yang bersih karena menyangkut hidup orang banyak. Pemerintah juga sudah memberikan program pansimas pada masyarakat supaya air bersih tercukupi sehingga kesehatan masyarakat semakin meningkat,” terang Bupati. Wardoyo