JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Hari Setwan Sedunia, 15 Anggota DPRD Sragen Dinobatkan Raih Setwan Awarrd 2018. Dari Paling Tertib, Suka Beramal Hingga Paling Banyak Nomor HP. Berikut Daftarnya!  

Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto saat menyerahkan penghargaan untuk Pujono Bayu Effendi sebagai Dewan Paling Suka Beramal. Foto/Wardoyo
Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto saat menyerahkan penghargaan untuk Pujono Bayu Effendi sebagai Dewan Paling Suka Beramal. Foto/Wardoyo

 

SRAGEN- Ada-ada saja ide untuk memacu motivasi dan kinerja para legislator. Seperti yang dilakukan di internal DPRD Sragen ini.

Di tengah banyaknya kritikan, sorotan hingga sindiran atas buruknya citra dan kinerja legislator di mata publik, internal DPRD dan Sekretariat DPRD (Setwan) Sragen menggagas ide unik. Mereka menggelar ajang Setwan Awarrd 2018 yang ditujukan untuk menilai 45 legislator dari segala aspek.

Layaknya ajang awarrd-awarrd terkenal lainnya, Setwan Awarrd pun juga menyediakan penghargaan yang diberikan kepada 15 DPRD pemenang.

Namun kategori yang dinilai pun cukup menarik. Dari aspek kinerja dan kedisiplinan, ada nominasi dewan paling tertib, paling serius, paling tegas, paling tertib akuntansi, hingga paling rajin ikut bus rombongan.

Kemudian dari aspek kepribadian, ada nominasi dewan paling suka beramal, paling humoris, paling rajin beribadah hingga paling sering khawatir.

Selain itu, ada kategori lain seperti dewan paling gaul penampilan hingga dewan paling banyak nomor HP.

Baca Juga :  Tolak Politik Identitas dan Isu-Isu Agama, Bupati Juliyatmono: Yang Kecil Bisa Makin Tertindas!

Penghargaan diserahkan bersamaan dengan peringatan HUT Setwan Sedunia yang digelar di Kantor DPRD Sragen, Minggu (16/9/2018) malam. Agenda tersebut dihadiri semua DPRD, karyawan Setwan hingga Forkompida.

Perayaan dilakukan secara sederhana dengan pemotongan tumpeng. Kemudian dilanjutkan pemberian penghargaan kepada 15 legislator peraih Setwan Awarrd.

“Kebetulan Hari Setwan Nasional jatuh pada tanggal 17 September dan oleh Pak Ketua DPRD diperingati dengan menggelar agenda Hari Setwan Sedunia tadi malam. Untuk penilaian 15 kategori itu inisiatif dari internal karyawan dan DPRD. Jadi semua dewan saling menilai, lalu juga ditambah penilaian dari pengamatan karyawan di Setwan. Misalnya dari absensi, kehadiran, kerajinan hingga perilaku-perilaku positif lainnya,” papar Sekretaris DPRD Sragen, Joko Saryono, Senin (17/9/2018).

Menurutnya, ide penghargaan itu digagas untuk memberikan apresiasi sekaligus memotivasi kinerja semua jajaran DPRD Sragen. Sementara, Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto menyampaikan Setwan Awarrd itu digagas sebagai upaya untuk memacu motivasi para anggota DPRD untuk senantiasa berperilaku, berkarakter dan berkinerja baik.

Baca Juga :  Singkirkan 47 Delegasi, Kepala Disdikbud Juara Lomba Nyanyi HUT Sragen. Pilihan Lagunya Viral Sepanjang Masa

Sehingga sosok DPRD yang selama ini menjadi tumpuan aspirasi rakyat, bisa benar-benar menjalankan fungsinya serta menjadi teladan di tengah masyarakat.

“Harapannya ke depan kinerja semua anggota DPRD semakin baik. Kalau ada yang kurang-kurang bisa diperbaiki. Harapan akhirnya tentu bisa senantiasa menjaga kepercayaan masyarakat dan meningkatkan kualitas institusi DPRD,” tukasnya.

Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto saat menyerahkan penghargaan untuk Faturahman sebagai Dewan Paling Serius. Foto/Wardoyo

Salah satu peraih penghargaan adalah Ketua Fraksi PKB, Faturahman. Legislator asal Sragen Kota itu sedikit kaget setelah dinobatkan sebagai dewan paling serius.

“Ya, saya syukuri kalau dinilai sebagai dewan yang paling serius dalam menjalankan tugas-tugas sebagai wakilnya rakyat. Karena amanah yang dititipkan pada kami memang membutuhkan keseriusan dalam memperjuangkan aspirasi-aspirasi rakyat. Meski kadang dalam rapat juga ada sih humor-humor kecil yang sering kita lontarkan,” ujarnya. Wardoyo

 

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua