JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini Tanggapan KPK Terkait Foto Viral Setnov Tanpa Baju Tahanan

tribunnews
   
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto:Tribunnews

JAKARTA – Beredarnya foto terpidana kasus KTP elektronik (KTP-el) Setya Novanto di luar lapas tanpa memakai baju tahanan di berbagai platform media sosial mendapat tanggapan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Juru bicara KPK, Febri Diansyah, menjelaskan bahwa eks Ketua DPR itu tidak mengenakan baju tahanan, bukan lagi tanggung jawab pihaknya.

“Perlu kami jelaskan bahwa Setya Novanto tidak lagi berada pada masa penahanan KPK karena sudah dilakukan eksekusi ke Lapas Sukamiskin setelah putusan berkekuatan hukum tetap,” terang Febri dalam keterangannya, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Baca Juga :  Sulitnya Pertemuan Jokowi-Megawati, Politikus PDIP: Kesalahan Jokowi Jauh Lebih Banyak Ketimbang SBY

Febri pun menjelaskan, pada 18 September lalu Setnov memang tengah dibawa ke Jakarta untuk menjadi saksi di sidang KTP-el dengan terdakwa Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Masagung.

Dia menduga foto tersebut diambil saat perjalanan Setnov dari Lapas Klas 1A Sukamiskin ke Jakarta.

“Kemungkinan petugas beristirahat di tempat tertentu. Namun, hal tersebut sepenuhnya tentu tetap perlu sesuai dengan SOP di Ditjen Pemasyarakatan khususnya Lapas Sukamiskin,” kata Febri.

Baca Juga :  Kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud Masih Optimistis MK Bakal Lahirkan Putusan Progresif

Meski informasi yang beredar tentang eks politisi Golkar tersebut ternyata tidak benar, KPK tetap mengapresiasi inisiatif dan pengawasan yang dilakukan oleh warga.

“Hal ini diharapkan semakin membuat pengawasan di lapas-lapas lebih ketat agar benar-benar tidak ada narapidana korupsi yang berada di luar lapas secara tidak sah,” ucapnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com