JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ma’ruf Amin Bilang, Oktober  Mobil Esemka Akan Diluncurkan

   
tempo.co

JAKARTA – Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut mobil Esemka yang pernah dirintis Joko Widodo (Jokowi) akan diluncurkan Oktober mendatang.

“Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran,” kata Ma’ruf Amin di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember, Kamis (27/9/2018).

Pernyataan tersebut dilontarkan Ma’ruf Amin ketika memberikan tausiah di hadapan ratusan santri dan ulama Nahdlatul Ulama.

“Nanti ke depan ada harapan tumbuh mobil nasional Nuris jadi tidak mustahil. Semua usaha juga dimulai dari kecil,” katanya disambut tepuk tangan meriah ratusan orang yang hadir dalam acara silaturahmi itu.

Ma’ruf Amin juga mengatakan, baru-baru ini ia berbincang dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad untuk mengembangkan mobil Asian.

Baca Juga :  Dituduh Catut Nama Dosen Malaysia, Ini Bantahan Dekan UNAS

“Dan kita bikin pasar Asia sebagai pasar yang dominan dikuasai, tidak tergantung pihak luar. Apalagi kalau bisa mengekspor ke luar,” ujarnya.

Karena itu, kata dia, sumber daya manusia atau human capital dan human resource yang berkualitas perlu disiapkan sehingga bisa berkompetisi dan memiliki daya saing serta fighting spirit tinggi.

Ia menambahkan, membangun pasar Asia dapat menciptakan kemakmuran.

“Bagaimana membuat mobil Asian, yang bahannya ada yang dibikin di Indonesia, di Malaysia, atau di Vietnam. Kemudian kita pasarkan bersama, baik di lingkungan Asian atau di lingkungan dunia,” ujarnya.

Dengan terwujudnya model kerja sama seperti itu, Ma’ruf meyakini masa depan yang sangat cerah bagi Indonesia.

Sebelumnya, inisiator mobil Esemka, Sukiyat, mengaku heran dengan masih adanya sebagian pihak yang berusaha menjatuhkan Jokowi dengan terus bertanya soal kelanjutan mobil Esemka.

Baca Juga :  Baru di Pilpres 2024 Ini MK Terima Amicus Curiae Paling Banyak

“Jawaban untuk mobil Esemka itu, ya, Mahesa. Kok, Pak Jokowi dionyo-onyo (dicemooh) terus, ‘Mana Esemka, mana Esemka?’ Ya, Pak Jokowi enggak tahu,“ ujar Sukiyat setelah dijenguk Jokowi di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta, Jumat (14/9/2018).

Mahesa memiliki nama resmi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) dan sempat mejeng dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Mahesa merupakan terjemahan dari proyek panjang Esemka yang dikenalkan Jokowi saat masih menjadi Wali Kota Solo.

Mulai Januari 2019, mobil ini akan diproduksi 25.000 unit oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI), perusahaan yang didirikan Sukiyat. Sukiyat menjabat presiden komisaris di perusahaan yang join dengan PT Astra International Tbk itu.

Mungkinkah mobil Esemka yang disebut Ma’ruf Amin itu adalah AMMDes? #tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com