JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Minum Air Dingin Dapat Menurunkan Berat Badan, Ternyata Hanya Mitos

pexels.com
   
pexels.com

Saat beraktivitas di luar ruangan di siang hari yang panas, minum air dingin tentunya sangat menyegarkan. Selain menyegarkan tubuh, manfaat lainnya yang sering kita dengar bahwa minum air dingin juga dapat membakar lebih banyak kalori. Namun sayangnya, itu hanya mitos.

Walaupun masuk akal bahwa tubuh akan menggunakan lebih banyak energi untuk memanaskan air hingga suhu intinya, penelitian telah menemukan bahwa jumlah kalori yang terbakar sekitar empat hingga tujuh kalori per gelas terlalu sedikit.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Meski demikian, minum air dingin memang menawarkan manfaat lain. “Air dingin dapat meningkatkan sirkulasi darah di permukaan kulit secara khusus, yang dapat membuat kulit tampak bercahaya,” ujar dokter kecantikan di Amerika Serikat Jacqueline Schaffer, seperti dikutip dari PopSugar. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa meminum air dingin selama berolahraga dapat menurunkan dehidrasi, menyegarkan tubuh, sehingga dapat membuat Anda berolahraga lebih lama karena membantu menjaga suhu tubuh inti Anda menjadi dingin.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Tetapi terlepas dari suhu air Anda, yang paling penting adalah Anda minum air putih. Dehidrasi bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng, karena dapat menyebabkan kelelahan, mudah marah, kram otot, pusing, dan sakit kepala, dan bahkan menyebabkan metabolisme Anda. Aturan praktisnya adalah minum air minimal delapan gelas per hari baik air dingin atau air biasa. tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com