JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

PT RUM Penuhi 3 Syarat yang Ditetapkan Pemerintah. Siap Beroperasi Dengan Penyempurnaan Proses Produksi

Para pemangku kepentingan mendengarkan pemaparan unit pengolah limbah PT RUM, Jumat (21/9/2018).
Para pemangku kepentingan mendengarkan pemaparan unit pengolah limbah PT RUM, Jumat (21/9/2018).

SUKOHARJO-PT Rayon Utama Makmur (PT RUM) di Kecamatan Nguter, Sukoharjo akhirnya merampungkan dan memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan Pemkab Sukoharjo. Syarat tersebut diperlukan agar perusahaan pengolah serat buatan itu bisa beroperasi kembali.

Kenyataan itu terungkap ketika PT RUM bersama para pemangku kepentingan seperti Forkopimda, Forkopimcam, Dinas Lingkungan Hidup, masyarakat, para peneliti/ ahli/ perguruan tinggi dan tamu, secara langsung melihat telah berfungsinya instalasi ketiga syarat yang dimaksud, Jumat (21/9/2018).

Ada tiga syarat instalasi yang dipenuhi. Meliputi pemasangan mesin kendali bau gas yg disebut mesin Wet Scrubber, alat berbasis komputer yang memantau secara terus menerus atas keluaran gas di cerobong, disebut Continuous Emission Monitoring System (CEMS). Instalasi ketiga adalah pipanisasi keluaran hasil olahan limbah cair yang sudah sesuai baku mutu, dari pabrik hingga sungai.

Baca Juga :  Viral Petani Tua Kaget Kena Tilang ETLE Tak Pakai Helm di Tengah Sawah, Kapolres Sukoharjo Minta Maaf

Direktur Umum PT RUM, Mochamad Rachmat didampingi Sekretaris Perusahaan, Bintoro Dibyoseputro, mengungkapkan, sebelumnya sanksi yang berupa paksaan pemerintah berupa penghentian sementara kegiatan produksi selama 18 bulan ini berdasar Surat Keputusan Bupati Sukoharjo Nomor: 660.1/207 Tahun 2018. Surat itu mensyaratkan PT RUM agar segera melengkapi dan merampungkan tiga hal tersebut.

Baca Juga :  Menpora Mengaku Puas Lihat Edutorium UMS Layak untuk Venue Bulu Tangkis ASEAN Para Games 2022

“Tiga syarat berupa pemasangan instalasi sudah kami penuhi dan kami mengundang semua unsur untuk melihat langsung. Ini merupakan upaya PT RUM untuk secara terbuka meyakinkan masyarakat atas kesungguhan dan keseriusan RUM perihal tata kelola lingkungan hidup yang semakin baik,” kata dia.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua