loading...
Loading...
Sekretaris Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Tutik Mulyani, SH tengah membuka workshop/Joglosemarnews-suhamdani

SOLO –  Sekitar 200 orang guru, pegawai negeri sipil (PNS), mahasiswa dan masyarakat awam mengikuti  Workshop Seni Sastra di Hotel Loji, Senin (29/10/2018) dan Selasa (30/10/2018).

Workshop yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Kota Surakarta tersebut mengusung beberapa materi, yakni menulis dan membaca aksara Jawa, mendongeng berbahasa Jawa dan menulis Cerkak (cerita pendek berbahasa Jawa).

Ketua Panitia  acara, Maretha Dinar Cahyono, SE, MM dalam sambutannya mengatakan, workshop tersebut digelar untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan budaya Jawa.

“Dengan harapan ini akan menjadi bahan penguatan budaya Jawa di tengah jaman modern,”  ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Kinkin Sultanul Hakim, SH, MM  yang diwakili Sekretaris, Tutik Mulyani  SH menyampaikan,  untuk melakukan penguatan budaya Jawa, salah satunya malalui pemanfaatan dan pendayagunaan bahasa Jawa di tengah masyarakat.

“Agar budaya Jawa tetap eksis, perlu penyebarluasan di tengah masyarakat,” jelasnya.

Salah satu tantangan riil di zaman globalisasi sekarang ini, dicontohkan Tutik Mulyani, adalah banyaknya siswa yang memiliki nilai bahasa Asing bagus, namun sebaliknya,  nilai Bahasa Jawa justru kurang memuaskan.

“Padahal bahasa Jawa  merupakan salah satu kekayaan warisan budaya leluhur,” ujarnya.

Workshop tersebut menghadirkan narasumber  Drs Supardjo MHum (praktisi seni dan dosen UNS),  Drs Hanindawan (praktisi seni dan penulis)  dan Andi Sri Wahyudi (praktisi seni dan penulis). #suhamdani

Loading...