JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Mengaku Kebangetan Urusan Defisit BPJS Sampai  ke Presiden, Mestinya Selesai di Tingkat Menteri

Ilustrasi BPJS Kesehatan
   
ilustrasi

 JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kebangetan persoalan defisit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sampai ke tangan presiden. Menurutnya, semestinya persoalan tersebut cukup sampai di tingkat kementerian kesehatan.

Jokowi mengaku tahu bahwa masalah defisit yang dialami BPJS Kesehatan berawal dari urusan pembayaran rumah sakit.

“Saya ngerti. Sampai di meja saya sebulan atau lima pekan lalu,” katanya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), defisit BPJS Kesehatan mencapai Rp 10,98 triliun.

Untuk menambal defisit tersebut, pemerintah sudah melakukan penyuntikan dana hingga Rp 4,9 triliun pada tahap pertama.

Selanjutnya, suntikan dana akan didapat dari cukai rokok yang aturannya berupa Peraturan Presiden (Perpres) sudah diteken Jokowi pada pertengahan September 2018 lalu.

Baca Juga :  Antisipasi Situasi Geopolitik dan Dampak Ekonomi Usai Serangan Iran ke Israel, Ini Strategi yang Diambil Menkeu Sri Mulyani

 

Menurut Jokowi, untuk mencegah persoalan tersebut terulang kembali, harus ada manajemen sistem yang baik dan memberikan kepastian bagi rumah sakit. Ia juga menyayangkan Menteri Kesehatan dan Dirut BPJS Kesehatan tak bisa menyelesaikannya.

 

“Ini adalah problem tiga tahun yang lalu. Kalau bangun sistemnya benar, gampang. Mestinya harus rampung di Menteri Kesehatan dan Dirut BPJS Kesehatan. Urusan ini kok sampai Presiden, kebangetan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) BPJS Kesehatan, M Iqbal Anas Ma’ruf menilai teguran Presiden kepada direksinya adalah bentuk perhatian seorang atasan.

“Presiden menggarisbawahi agar kerja sama lintas sektoral ditingkatkan sehingga tidak perlu dieskalasi ke beliau,” ujar Iqbal, Rabu (17/10/2018).

Baca Juga :  Megawati Ajukan Diri sebagai  Amicus Curiae Dalam Sengketa Pilpres ke MK, Ini Artinya

 

Namun, Iqbal mengatakan teguran Jokowi itu adalah sesuatu yang positif untuk peningkatan kinerja BPJS Kesehatan, khususnya agar bisa meningkatkan kerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait lainnya.

“Kalau diingetin, itu tanda beliau peduli kepada kita. Kita selalu positif thinking.”

Ihwal mengapa BPJS Kesehatan melaporkan permasalahannya kepada Jokowi, ujar Iqbal, karena memang hierarkinya seperti itu.

“Namanya BPJS Kesehatan melapornya ke presiden,” ujar Iqbal. Sehingga, ia berujar lembaganya selalu menyampaikan fakta dan data yang ada kepada presiden.

“Kami memandang positif presiden memberikan perhatian dengan cara yang berbeda, sehingga insyaaAllah program ini bisa lebih sustain,” kata Iqbal.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com