loading...
Loading...
Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono (kanan) dan Rektor UNS Ravik Karsidi (kiri). Humas UNS

SOLO — Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Polisi  Condro Kirono   memberikan kuliah umum kepada mahasiswa UNS di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Rabu (24/10/2018). Dalam kuliah umum yang bertema Peran Mahasiswa dalam Ikut Menjaga Keamanan Negara Republik Indonesia di Era Inovasi Teknologi ini, Condro mengajak seluruh mahasiswa untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Orang nomor satu di kepolisian Jawa Tengah ini menyampaikan bahwa menjadi mahasiswa UNS itu harus bangga. “Kalian semua harus bangga menjadi mahasiswa UNS. Saya pernah mendaftar pada Prodi Kedokteran UNS namun tidak diterima. Maka kalian yang sudah jadi mahasiswa UNS, gunakan kesempatan ini dengan baik,” urainya.

Baca Juga :  Dosen UNS Bimbing Warga Jatipuro Ubah Limbah Singkong Jadi Nata De Cassava dan Biostarter Kompos

Saat ini, lanjut Condro bahwa musuh bersama  bangga Indonesia yaitu bagaimana memerangi kemiskinan dan pengangguran karena masyarakat Indonesia banyak yang hidup dikalangan menengah ke bawah. “Maka kita harus belajar dengan gigih supaya bisa jadi penerus bangsa dan dapat mengejar cita-cita. Meski demikian jangan lupa untuk tetap meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” paparnya.

Humas UNS

Dan sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah, UNS memiliki semboyan sebagai kampus benteng Pancasila patut untuk diacungi jempol. “Saya benar-benar bangga dengan UNS yaitu kampus Benteng Pancasila. Di UNS semua pemeluk agama bisa hidup berdampingan. Bahkan ada lima tempat ibadah yang semuanya bisa berjalan secara beriringan. Sikap saling toleransi perlu dikembangkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan,” imbuh Condro.

Baca Juga :  Kecelakaan Toyoya Rush dan 2 Tronton di Gadingrejo. Mobil Rusak Parah, 2 Pengemudi Jadi Korban 

Sebelum melakukan kuliah umum, dilakukan penandatanganan kerjasama antara UNS dengan Kepolisian Daerah Jawa Tengah.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Inspektur Jenderal Polisi   Condro Kirono, selaku Kapolda Jawa Tengah sebagai pihak pertama dan Prof Ravik Karsidi selaku Rektor UNS sebagai pihak kedua.

Kepolisian Daerah Jawa tengah sebagai pihak pertama dalam penandatangan kerjasama ini merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan di Jawa Tengah.

Baca Juga :  Polda Jateng Imbau Masyarakat Tak Sebar Foto dan Video Teroris Bom Bunuh Diri di Medan. Jika Ada Yang Mencurigakan Diminta Lapor Polisi! 

UNS sebagai pihak kedua merupakan sebuah institusi pendidikan tinggi negeri yang berada di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, yang berkewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta bertugas mendidik dan mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, terampil dan berwawasan.

Kesepakatan kerjasama ini adalah untuk melaksanakan kerjasama tentang Peningkatan Kualitas Akademik dan SDM serta Pemanfaatan Forum Kemitraan Polisi, Masyarakat dan Mahasiswa (FKPMM) / Balai Kemitraan Polisi, Masyarakat dan Mahasiswa (BKPMM) di Lingkungan Kampus UNS. Triawati PP

Loading...