JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Karawitan SD Muh 1 Siap Berkiprah Dalam Pembukaan Lomba Budaya Mutu

Istimewa
   
Istimewa

SOLO- Karawitan SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Surakarta siap berkiprah dalam Pembukaan Lomba Budaya Mutu dan Lomba Penulisan Buku Bacaan Anak SD yang akan diselenggarakan di Hotel Lor In Karanganyar, 23 Oktober 2018 mendatang.

“Ini kami lakukan gladi bersih, persiapan untuk tampil nanti di LBM Pagelaran Seni  Wayang Kolaborasi (Tetuka Sang Gatot Kaca) dan Tari Amurwa,” kata Pembina Ekstrakurikuler Agung Sudarwanto, Rabu (17/10/2018).

SD Muh1, lanjut Agung, diundang tampil di dua sesi, yakni Pembukaan dan Penutupan. Agung menyebutkan Sekolah Karakter Berbasis TIK akan menampilkan kesenian karawitan yang dimainkan para peserta didik live gamelan.

“Kami persiapkan dengan sebaik-baiknya, Nanti, penarinya 5 anak-anak. Ada 35 pengrawit,  gamelan slendro pelog lengkap, 7 Gendhing dan yang terbaru lancaran Pendidikan Karakter, semoga sukses menampilkan wayang minimalis 15 menit,” ujar Agung yang juga Pengurus PEPADI.

Baca Juga :  Berita Duka, Politisi Senior PKS Quatly Abdulkadir Alkatiri Meninggal Dunia, Dimakamkan Hari Ini 

Sebelumnya, Gamelan Sekolah Dasar Swasta Rujukan juga sudah pernah pentas di kancah Internasional soft opening International Gamelan Festival (IGF), di area city walk Plaza Sriwedari, Kamis (9/8/2018) sore dan rencananya juga akan berkiprah dalam Acara Hari Wayang Dunia (HWD) 7 November 2018 di Pendhapa Ageng ISI Surakarta.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Jatmiko mengapresiasi atas tampilnya Gamelan SD Muh 1 di LBM yang secara tidak langsung membawa nama Kota Surakarta sekaligus kaderisasi dalang cilik.

“Luar biasa, para pemainnya. Kami bangga karena turut membawa nama besar Kota Surakarta dan Sekolah, terutama Gibran Maheswara Pengalaman pentas sudah sekitar 60 kali putra Agus Setyawan, SST, diantaranya Bintang tamu di acara Litle VIP Metro TV bersama cak lontong, Bintang tamu di acara Rumah Mama Amy MNCTV bersama Raffi Ahmad-nagita slavina, Karnaval Inbox SCTV di KarangAnyar bersama artis Narji, Bianka, Temu Dalang bocah  6 di TBS Surakarta 2015, Temu Dalang Bocah 7 di TBS Surakarta  2017, Dalang berbakat pada Festival Dalang Cilik Karanganyar 2015, Juara Harapan II Festival Dalang Cilik Surakarta 2018, Bintang tamu di Lomba Dalang Remaja Jawa Timur di TBS Surabaya 2016, Hari Wayang Dunia di ISI Surakarta 2015, Hari Tani Dunia di Karanganyar 2016, HUT DPRD Karanganyar 2016, Liputan Indonesia Bagus di NET TV, Bintang tamu acara Prestasi MTA TV” ujarnya. Triawati PP

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com