JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Padang Dalane. Wonogiri Terima 1000 Buah Lampu Penerangan Jalan Umum

Salah satu lampu penerangan jalan umum di sudut kota Wonogiri.
ย ย ย 
Salah satu lampu penerangan jalan umum di sudut kota Wonogiri.

WONOGIRIโ€”Wilayah Kabupaten Wonogiri dalam waktu dekat bakal semakin padang jingglang alias terang benderang. Pasalnya sebanyak 1000 lebih lampu penerangan jalan umum segera diterima dan dipasang.

Dari jumlah 1000-an buah itu, sebanyak 815 penerangan jalan umum tenaga surya yang bersumber dari bantuan keuangan provinsi senilai Rp35 miliar kini tengah dalam proses pengerjaan. Sedangkan sejumlah 243 penerangan jalan umum tenaga surya diterima Pemerintah Kabupaten Wonogiri untuk menambah jumlah tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri, Ismiyanto mengatakan bantuan sejumlah 243 penerangan jalan umum tenaga surya berasal dari Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Saat ini sedang dalam tahapan menentukan lokasi-lokasi yang akan dipasang penerangan jalan umum tersebut sesuai dengan prioritas.

Baca Juga :  25 Sekcam di Wonogiri Terima Motor Yamaha Aerox 155, Telan Anggaran 695 Juta

“Penerangan jalan akan dipasang di ruas jalan kabupaten,โ€ ujar dia, Kamis (25/10/2018).

Dia menerangkan jumlah tersebut akan menyusul 815 penerangan jalan umum tenaga surya yang telah dimulai pengerjaannya pada pertengahan September lalu. Dengan penambahan penerangan jalan umum dapat menekan jumlah angka kecelakaan di Kabupaten Wonogiri yang pemicunya antara lain penerangan jalan.

Baca Juga :  Mengenal Pemanfaatan Program Indonesia Pintar di Ujung Barat Laut Wonogiri

“Ekonomi masyarakat juga dapat tumbuh dengan adanya penerangan jalan,” sebut dia.

Kepala Bidang Angkutan Teknik, Sarana dan Prasana, Dishub Wonogiri, Sudarno, mengatakan bantuan 243 penerangan merupakan hibah fisik dan Pemkab memiliki tanggung jawab untuk memelihara penerangan jalan umum tenga surya. Tinggi fisik tiang penerangan jalan berkisar tujuh meter dengan spesifikasi sama dengan penerangan jalan umum tenaga surya sebelumnya yakni dengan jenis LED dengan daya sekitar 50 watt. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com