JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Pelatihan Membuat Bunga dari Sampah di SMPN 8 Solo, Hasilnya Dijual Untuk Bantu Korban Gempa

surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Foto-foto Dok SMPN 8 Solo

SOLO –  Tidak selamanya sampah plastik menjadi barang tak berguna. Dengan sentuhan  seni dan keterampilan tertentu, sampah plastik dapat disulap menjadi aneka hiasan bunga yang menarik.

Itulah yang dilakukan dalam pelatihan  membuat bunga dari bahan sampah plastik berupa sedotan plastik. Pelatihan dilakukan dalam rangkaian pertemuan Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan Kota  Solo, Jumat (5/10/2018).

Acara yang berlangsung di aula Dinas Pendidikan Kota Solo dan diikuti sekitar 40 orang  tersebut diselenggarakan oleh SMPN 8 Solo. Pelatihan dipimpin R Puji Hastuti Triad Suparman.

“Dari yamg semula berupa limbah, bisa dikreasi menjadi bunga lavender, bunga matahari kecil dan daun,” ujar Puji Hastuti sebagaimana rilis yang dikirim Sie Humas SMPN 8 Solo, Sri Suprapti ke Joglosemarnews.

Baca Juga :  Tenang, Wali Kota Pastikan Ganti Rugi Lahan Warga Terkena Penataan di Jalan Ir Sutami Solo

Dikatakan,  pembuatan bunga dengan bahan sedotan itu untuk memanfaatkan limbah sampahunorganik.

“Bahannya bisa diambik di  beberapa tempat sampah yang sudah dipakai. Terutama di sekolah-sekolah. Minimal, dengan kegiatan ini kita sudah mengurangi  jumlah sampah yang berserakan,” ujarnya.

Karya seni tersebut, sebagian dijual yang hasilnya disumbangkan bagi para korban gempa di Palu dan Donggala.

Sementara dalam pembinaannya, Ketua Dharma Wanita Dinas Pendidikan Kota
Solob,  Nanik Mitayani, S.Pd.,M.Pd berharap kaum ibu dapat mendukung kesuksesan dan kinerja suami.
“Dan yang lebih penting sukses mendidik anak-anaknya, ujarnya.

Baca Juga :  Antisipasi Pelanggaran Tahapan Pilkada, Bawaslu Solo Buka Posko Aduan

Dalam keaempatan itu pula, diserahkan hadiah untuk para juara lomba membuat asesoris berupa kalung perca yang telah berlangsung Jumat (21/9/2018).

Berhasil menyabet Juara I  adalah SMPN 27, Juara II diraih SMPN 23 dan Juara III dipegang  Dinas Pendidikan (K3S Banjarsari ). Sementara itu, SMPN  20 meraih Juara Haraoan I. Sedangkan Juara Harapan II dan III masing-masing dipegang oleh SMPN 14 dan SMPN 1. #suhamdani