JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Peringati “Hari Sarjana” Siswa SMA Muh PK Gelar Sidang Terbuka

Istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Istimewa

SOLO- Ada yang berbeda di hari pembelajaran bagi para siswa SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat, Kamis (27/9/2018). Seluruh siswa terlihat menyebar di sekitar lingkungan sekolah untuk pencarian data bahan riset. Siswa tersebar dan terbagi dalam kelompok-kelompok tema riset. Tema riset yang diambil terkait lingkungan alam dan sosial sekitar sekolah.

Tema lingkungan alam terkait hubungan timbal balik komponen biotik dan abiotik, pencemaran limbah organik dan anorganik, keanekaragaman hayati, eksplorasi ekosistem darat dan perairan, Go green dan daur ulang limbah. Sedangkan tema lingkungan sosial terkait hubungan sosial ketetanggaan, peran status sosial ketua RT dan tokoh masyarakat, sistem nilai masyarakat, ketimpangan sosial dan globalisasi toko modern.

Baca Juga :  Penjual Tahu Kupat di Timur RS Kasih Ibu Solo Terpapar Covid-19, 48 Orang Langsung Jalani Swab Test

Tema-tema tersebut diteliti oleh siswa secara berkelompok untuk di sidangkan secara terbuka hasilnya kepada warga sekolah. Kegiatan ini di desain dalam rangka memperingati Hari Sarjana Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 29 September.

“Kegiatan ini untuk melatih siswa untuk bersikap ilmiah dan siap memberikan manfaat untuk masyarakat luas. Kedepan, selepas lulus SMA mereka akan melanjutkan kuliah dan siap jadi sarjana yang produktif,” tutur Renaldo Gaspie sebagai salah satu pembimbing riset sisw

Baca Juga :  Jokowi Dapat Hadiah Masjid dari Pangeran Abu Dhabi, Akan Dibangun di Solo di Atas Lahan Seluas 3 Hektare

Sementara itu, salah satu siswi kelas XII IPA, Salma Hafizhah mengatakan bahwa kegiatan kali ini sangat bermanfaat bagi seluruh siswa karena dengan melakukan sebuah riset kemudian diujikan di depan penguji akan melatih kepercayaan diri dalam mempresentasikan hasil riset di depan umum.

“Kegiayan ini tentunya bisa menjadi bekal bagi siswa dalam melanjutkan perkuliahan kelak,” tukasnya. Triawati PP