Selain Dapat Jalan dan Embung Baru, Warga Sukorejo Juga Dapat Ilmu Cara Memadamkan Api dari Ahlinya

Foto: Wardoyo
   
Warga desa Sukorejo sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi pemadalam api, Selasan (23/10/2018). Foto: Wardoyo

SRAGEN—Salah satu giat non fisik TMMD reg ke-103 tahun 2018 Kodim 0725/Srg adalah sosialisasi pemadaman api atau kebakaran. Kegiatan ini dilaksanakan di balai desa Sambi, Selasa (22/10/2018) dengan nara sumber Kasi Damkar Kabupaten Sragen  Wahyudi.

Kegiatan ini disambut baik oleh warga desa Sukorejo, hal itu terbukti dengan penuhnya balai desa oleh warga. Mereka antusias mengikuti acara tersebut tak lain karena disinilah mereka mendapat ilmu gratis cara memperlakukan api.

Wahyudi menyampaikan bahwa sosialisasi ini sangat  untuk dilaksanakan di seluruh pelosok desa, mengingat sering terjadinya kebakaran di wilayah Sragen karena kurang pahamnya warga dalam mengatasi atau mencegah kebakaran.

Kasi Damkar Kabupaten Sragen tersebut mencontohkan  bahwa salah satu penyebab kebakaran adalah kompor. Apabila kompor terbakar cara mematikanya adalah dengan menutup kompor dengan kain basah atau dengan menaburkan pasir ke sumber api dengan sendirinya api nanti akan padam.

Apabila sumber api ada ditempat terbuka harus memperhatikan arah angin, usahakan jangan melawan arah angin karena bisa tersambar api. Cara memegang kain basah pun ada caranya, yakni dengan sedikit melipat kain basah pada ujungnya supaya kulit tertutup dari jilatan api. “Jauhkan benda benda yang mudah terbakar dari api, dan jika api membesar segera hubungi kami dengan menghubungi nomor (0271) 891113” kata Wahyudi. Marwantoro S

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com