32.6 C
Surakarta
Senin, 18 November 2019
JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen Siap-siap, Sebentar Lagi Banyak Guru di Sragen Bakal Dirotasi...

Siap-siap, Sebentar Lagi Banyak Guru di Sragen Bakal Dirotasi Menyesuaikan Zonasi

- Advertisement -

loading...
Loading...

 

Ilustrasi guru berdoa

SRAGEN- Pemkab melalui dinas pendidikan mewacanakan segera melakukan rotasi guru secara serentak . Rotasi dilakukan untuk meratakan penyebaran guru menyusul pemberlakuan sistem zonasi sekolah baru-baru ini.

Pemerintah bakal melakukan zonasi guru sekaligus nfrastruktur pendidikan. Saat ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah menggodog regulasi zonasi guru.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan, zonasi guru itu masih dibahas di pusat. Zonasi itu untuk pemerataan pendidikan.

“Guru yang memiliki kapasitas lebih tidak hanya mengajar di sekolah-sekolah favorit, namun bisa merata disemua sekolah,” kata Bupati, Yuni, saat ditemui seusai pelantikan Pengawas dan Kepala Sekolah SDN SMP di Rumah Dinasnya Senin (08/10/2018).

Bupati Yuni menyampaikan, saat ini zonasi sekolah baru saja dimulai dalam tahun ajaran baru, sehingga harus diimbangi dengan zonasi guru. Jika zonasi guru tidak dilakukan zonasi sekolah menurut Yuni tidak akan optimal.

Baca Juga :  Tiga Korban Kecelakaan Maut Truk Kontes Masuk Jurang di Tangen Sudah Dipulangkan. Beredar Kabar Sopir Mabuk, Begini Analisa Polisi! 

“Sekarang zonasi sekolah, anak anak yang sebelumnya disekolah favorit sekarang harus sekolah sesuai dengan wilayah mereka. Kalau tidak diikuti dengn zonasi guru akan sama saja. Siswa juga harus mendapatkan hak pendidikan yang lebih baik dari guru-guru yang mempunya prestasi lebih,” tandasnya.

Yuni juga menyebut, sistem zonasi ini ada sejumlah pertimbangan. Tidak saja jarak tempat tinggal guru dengan sekolah yang menjadi acuan, namun yang lebih penting prestasi guru tersebut.

“Setelah sistem zonasi selesai akan ada mutasi lagi. Nanti berdasarkan prestasi, bukan jarak rumah dengan sekolah,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Sragen Tak Larang PNS Bercadar dan Celana Cingkrang. "Tapi Saya Akan Tegur Habis-Habisan Kalau Ada PNS Pakai Rok dengan Belahan Segini!" 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sragen Suwardi, juga menyampaikan zonasi guru ini tidak bisa berdasarkan jarak rumah dengan sekolah. Karena zonasi guru ini berbeda dengan zonasi sekolah dengan pelajar. “Nanti lebih pada prestasi guru,” tambahnya.

Adapun prestasi guru ini dapat dilihat dari prestasi anak didiknya, selain itu juga dilihat dari kompetensi dan inovasinya dalam mengembangkan sekolah masing-masing. Kemudian setiap tahun juga dilaksanakan tes kompetensi guru.

“Ini aturannya sedang digodok di pusat. Zonasi sekolah sudah, zonasi, kemudian zonasi guru dan kedepan zonasi infrastruktur,” ungkap Suwardi. Wardoyo

 

Loading...

Kontak Informasi Joglosemarnews.com :
Redaksi : [email protected]
Promosi : [email protected]
Kontak : [email protected]

- Advertisment -

Most Popular

Indonesia Menari 2019,  Ribuan Penari Tampil di Solo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM- Indonesia Menari 2019 persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation mempersembahkan 2.000 penari yang tampil serempak, Minggu (17/11/2019), di The Park Mall. Business and Marketing...

Begini Kronologis Penemuan Barang Diduga Sabu di Dekat Gudang Sampah Dukuh Pantirejo Desa Grogol Kecamatan Grogol Sukoharjo, Tidak Diduga Segini Beratnya

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebuah paket batang mencurigakan ditemukan di dekat gudang sampah plastik bekas di Dukuh Pantirejo, Desa Grogol, Kecamatan Grogol, Sukoharjo. Batang tersebut...

Fahri Hamzah Harus Akui, Keputusan Jokowi Menarik Prabowo Misterius, Ini Sebabnya    

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM -- Mantan Wakil Ketua DPR RI dan pendiri Partai Gelora, Fahri Hamzah mengakui, keputudan Presiden Jokowi menunjuk Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan sebagai...

Branding Wonderful Indonesia, Hydro Coco Gelar Turnamen Futsal di Solo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM- Hydro Coco yang merupakan mitra Co Branding Wonderful Indonesia menggelar turnamen futsal di Kota Solo. Turnamen bertajuk Hydro Coco Cup National Futsal...

Recent Comments