JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Terungkap, Begini Cara Memastikan Senjata Api Siap Pakai dan Terawat

Anggota Kodim 0728 Wonogiri mengecek dan membersihkan senpi inventaris.
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Anggota Kodim 0728 Wonogiri mengecek dan membersihkan senpi inventaris.

WONOGIRI-Untuk memastikan senjata api (senpi) dinas inventaris Kodim 0728/Wonogiri dalam keadaan siap pakai dan terawat dengan baik, dilakukan pengecekan dan pembersihan.

Hal ini sebagaimana dilakukan Bintara Fourir Kodim Wonogiri Sertu Kusnadi bersama dua orang anggota. Mereka melakukan pengecekan dan membersihkan senjata api, Senin (22/10/2018).

Satu persatu senpi inventaris dicek dan dibersihkan agar pada saat digunakan selalu dalam keadaan siap pakai. Menurut Sertu Kusnadi, senpi dinas disimpan secara rapi di rak senjata dan lemari senjata yang ada di gudang senpi.

Setiap kali anggota akan menggunakan harus mendapat ijin dari Dandim. Hal itu dimaksudkan agar penggunaan senpi dapat di kontrol untuk meminimalkan penyalahgunaan.

Baca Juga :  Digelar di Daerah Perbatasan Magetan Jatim, Rapid Test Corona Program Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLIX Wonogiri Sasar Pedagang Pasar Puhpelem

“Senjata yang ada di gudang, secara rutin kami bersihkan. Setiap kali dipakai, baik untuk latihan menembak, upacara, maupun acara lainnya yang menggunkan senjata, lalu mau masuk ke gudang senjata, akan dicek dan dibersihkan terlebih dahulu,” ujar dia.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, ada beberapa jenis senjata yang dimiliki Kodim 0728 Wonogiri. Di antaranya senjata laras pajang seperti M16 A1 dan FNC sedangkan untuk Pistol yaitu P1, FN. Untuk penggunaannya disesuaikan dengan kegiatan dan situasi di lapangan yang tentunya atas seijin dari Dandim.

Baca Juga :  Ini Lho Jumlah Penerima KIS Tiap Desa di Kecamatan Manyaran Wonogiri, Dibagikan Serentak Hari Ini

Pembersihan senjata yang dilaksanakan adalah salah satu rutinitas Bintara dan anggota dalam menjaga dan merawat senpi. Dimana setiap senjata yang sudah keluar dari gudang, pada saat kembali ke gudang harus betul-betul dalam keadaan bersih dan aman. Hal ini semata-mata sebagai bentuk perawatan yang dilaksanakan guna mencapai usia pakai yang maksimal. Yang terpenting, selalu siap untuk digunakan pada saat dibutuhkan. Aris Arianto