JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

UTP Solo Gelar  Seminar, Workshop dan Pameran Keris

Foto-foto: A Setiawan

SOLO – Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-38, Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta menggandeng Alumni Universitas Indonesia, menyelenggarakan Seminar, Workshop dan Pameran Keris Di kampus 1 UTP Balkam, Minggu ( 30/9/18 ).

Puluhan mahasiswa UTP dan pemerhati keris sangat antusias mendengarkan nara sumber yaitu Dr Diana Fauzia ( Keris dalam Prespektif Politik, Sosial dan Budaya ) dan Yantono (Kaidah Teknis Pembuatan Keris Dalam Relevansinya Terhadap Rekayasa Teknik Milenial).

Baca Juga :  SMP Negeri 8 Surakarta Terima Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat

Prof Dr Ir Tresna Priyana Soemardi, SE., MS selaku Rektor Universitas Tunas Pembangunan Surakarta menuturkan, ciri khas karya budaya timur menggandung  tiga unsur,  yaitu tontonan, tuntunan dan tatanan.
” Hal ini menuntun kita akan budaya pembuatan keris yang sangat adi luhung,” ujarnya.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Hari Ini Rabu, 24 November 2021: Magelang dan Pekalongan Hujan Lebat, Solo Raya Hujan Ringan!

Acara tersebut baru pertama kali diadakan di UTP Surakarta. Harapannya agar  mahasiswa mampu mengenal, membuat dan memahami tentang salah satu budaya bangsa Indonesia yaitu keris, yang notabene sudah diakui oleh UNESCO dan dunia pada tahun 2005 yang lalu.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua